Sukses

Janji Dua Paslon Pilkada Surabaya Kembangkan Gerbang Kertasusila

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut satu Eri Cahyadi-Armudji dan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman memaparkan pengembangan Gerbang Kertasusila. Pemaparan itu disampaikan lewat debat publik ketiga menjelang Pilkada Surabaya pada 9 Desember 2020.

Gerbang Kertasusila untuk mempercepat dan meningkatkan daya saing kawasan sehingga berdampak terhadap pertumbuhan investasi ekonomi nasional yang berkelanjutan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun teken Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi pada kawan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger.

Calon Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut satu Armudji menuturkan, pihaknya sinergikan jalan dari ujung barat hingga timur untuk transportasi ramah lingkungan dengan membangun LRT, MRT, dan bus listrik dari karya anak bangsa.

“Kami utamakan sinergi antara kota pendukung. Gerbang kertasusila ini akan dikoneksikan dan intensifkan komunikasi agar terkoneksi baik,” ujar dia.

Selain itu, Calon Wali Kota Surabaya nomor urut satu Eri Cahyadi menuturkan, Gerbang Kertasusila akan saling terkoneksi dan membentuk forum komunikasi antardaerah sekawan. Pihaknya akan membentuk holding sehingga berimbas ke daerah lain dan akan mempercepat infrastruktur sehingga terkoneksi.

"Gerbang Kertasusila akan saling terkoneksi, bila perlu bentuk holding berimbas ke daerah lain. Bagaimana bentuk angkutan massal tapi yang selalu kami lakukan akan percepat infrastruktur. Koneksi, berikan feeder, railway persiapkan armada. Bus listrik yang sudah diproduksi anak bangsa. Surabaya Regional Railways dengan mempersiapkan armada, manfaat pembangunan kota tepi pantai, semua akan menjadi satu bagian sehingga semua sudah connect gerbang kertasusila,,” ujar dia, Sabtu (5/12/2020).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Machfud Arifing Dorong Wujudkan Transportasi Massal

Sementara itu, Calon Wali Kota Surabaya nomor urut dua Machfud Arifin menuturkan, Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi pada kawan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, Kawasan Bromo-Tengger sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat atas usulan masyarakat Jawa Timur dalam hal ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Perpres tersebut untuk percepatan pembangunan di Jawa Timur melalui Gerbang Kertasusila. Machfud menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi Jawa Timur dan pemerintah daerah sekitar Surabaya.

Ia menuturkan, pembangunan transportasi massal ini juga harus dilakukan baik sehingga membantu mewujudkan transportasi massal di Surabaya. "Surabaya akan stuck jika jumlah kendaraan masuk tak seimbang dengan ruas jalan yang ada,” kata dia.

Calon Wakil Wali Kota Mujiaman mengatakan, proyek gerbang kertasusila juga perlu dipastikan koordinasi yang baik terutama terkait pembiayaan.  Hal ini mengingat sebuah proyek juga dipastikan layak ekonomi dan pendanaan pembangunan proyek. “Cari alternatif pembiayaan. Secara ekonomi layak tetapi belum tentu finansial,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini