VIDEO: Kisah Sukses Mantan TKI Budi Daya Bonsai Kelapa

VIDEO: Kisah Sukses Mantan TKI Budi Daya Bonsai Kelapa

Deretan pohon bonsai kelapa ini milik Zainuri, seorang mantan TKI, warga Desa Candimulyo, Kecamatan Dlopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Tanaman kelapa yang dikerdilkan ini, tumbuh subur di sejumlah media tanam seperti toples dan pot.

Agar tumbuh sempurna, dan terlihat cantik, setiap hari pria berusia 48 tahun ini, membersihkan daunnya menggunakan kuas. Bapak dua anak ini juga membersihkan batok kelapanya dengan air, hingga bonsai kelapa ini terlihat lebih indah.

Untuk membuat bonsai kelapa dibutuhkan waktu hingga 6 bulan. Awalnya Zainuri mencari buah kelapa yang tidak terpakai, atau mencari sesuai keinginan. Seperti buah kelapa gading merah, gading susu, kelapa albino atau kelapa yang biasa digunakan memasak.

Buah kelapa itu lalu dikupas kulitnya hingga bersih dan dibenamkan ke air garam. Setelah 4 hingga 5 bulan, kelapa itu keluar akarnya, baru dipindah ke media tanam sesuai keinginan.

Budi daya bonsai kelapa, dilakukan Zainuri lantaran tidak ada pekerjaan, setelah pulang dari Malaysia. Belajar dari media sosial dan pernah gagal beberapa kali, tak menyurutkan niatnya untuk maju, kini Zainuri menikmati hasil jerih payahnya. Dalam sebulan, 6 hingga 7 bonsai kelapanya terjual.

"Kalau cocok, rencana memang mau beli, dari segi bahan, sebenarnya murah, tapi menghasilkan penghasilan yang lebih dari modalnya," tutur Elia Widiastuti, Penghobi Tanaman, seperti dikutip dari Liputan6, 1 Desember 2020.

"Awalnya hobi, hobi lama-lama ya minat, lepas tu ya jadi bisnis," kata Zainuri, Pembudidaya Bonsai Kelapa.

Satu bonsai kelapa tanpa media tanam, dijual dengan harga Rp 120 ribu. Sementara bonsai kelapa lengkap, dengan media tanam dan daunnya sudah pecah, dijual Rp 400 ribu. Meski baru, tetapi bonsai milik Zainuri dikenal luas, kalangan penghobi bunga. Tak heran bisnis barunya ini beromset jutaan rupiah per bulan.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 December 2020, 12:51 WIB

Video Terkait

Spotlights