Sukses

KLB Demokrat Putuskan Moeldoko Jadi Ketua Umum

VIDEO: Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Memutus Jalan Penghubung di Candipuro Lumajang

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Semeru kembali menghanyutkan banjir lahar dingin. Akibatnya, akses jalan penghubung antar dua dusun di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terputus.

Banjir lahar dingin ini membuat sebagian warga memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat, atau keluar dari desa yang terkena dampak lahar dingin Gunung Semeru

Lokasi ini awalnya adalah jalan penghubung antara dua dusun di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Akan tetapi, kini jalan yang sehari-hari banyak dilintasi warga, sebagian besar tertutup batu besar dan abu vulkanik Gunung Semeru.

Ini adalah dampak dari terjangan lahar dingin yang terjadi sejak duahari lalu. Kini setelah banjir sedikit surut, puluhan kepala keluarga memilih keluar dari dusun untuk pindah ke rumah kerabat, serta sebagian kecil ke posko pengungsian.

Sementara itu, petugas BPBD, Basarnas bersama relawan kebencanaan bersiaga di lokasi untuk mengantisipasi jatuhnya korban.

"Kita berusaha untuk memindahkan, ternyata ndak mampu dari jip, harus menggunakan alat berat, karena batunya besar-besar," kata Dodik, Relawan, seperti dikutip dari Liputan6, 5 Desember 2020.

Sayangnya upaya pembersihan dan perbaikan jalan, masih belum bisa dilakukan, mengingat banjir lahar dingin Gunung Semeru masih bisa terjadi sewaktu-waktu.