VIDEO: Pesan Khofifah Saat Meninjau Perkembangan Erupsi Gunung Semeru

VIDEO: Pesan Khofifah Saat Meninjau Perkembangan Erupsi Gunung Semeru

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memantau langsung kondisi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Untuk pemetaan daerah rawan bencana, yang ditimbulkan dari letusan Gunung Semeru.

Sementara itu hingga Kamis pagi, aktivitas Gunung Api Semeru kondisinya masih fluktuatif, dan tetap aktif meluncurkan lava pijar.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, beserta jajaran Forkopimda Jawa Timur, memantau langsung perkembangan erupsi Gunung Semeru, di pos pengamatan Desa Sumberwuluh, Lumajang.

Kepala BNPB, Doni Monardo, juga ikut serta mengunjungi pos pantau. Namun, petugas membatasi tamu yang masuk ke pos pantau, untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Keterangan pihak Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, ada sekitar 6 juta kubik material vulkanik keluar, dari dalam kawah Gunung Semeru, yang memenuhi aliran Sungai Besuk Kobokan. Khofifah, meminta warga sekitar hati-hati, karena material tersebut berpotensi menjadi bencana lahar dingin bila hujan deras.

"Ini harus termitigasi secara lebih detil, mitigasi terhadap risiko bencana, ini harus dilakukan inventarisasi secara detil, oleh karena itu, kami ingin mengkonfirmasi apalagi yang bisa bertugas untuk penguatan dari tim PVMBG di pos pantau ini," ujar Khofifah, dikutip dari Liputan6, 4 Desember 2020.

Sementara itu pada Kamis pagi, lava pijar semeru masih menyembur beberapa kali, disertai guguran awan panas. Pihak pos pengamatan mendata, terjadi satu kali letusan, 13 kali guguran lava, dan satu kali teknonik jauh. Status Gunung Semeru masih seperti sebelumnya, yakni waspada level 2.

"Sesuai dengan informasi, dan koordinasi saya dengan pos pengamat yang ada di Gunung Sawur, selama tadi malam, memang sempat muncul APG, awan panas guguran tinggal 2,5 kilometer," ujar Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lumajang.

Pihak PVMBG mengimbau kepada warga sekitar Gunung Semeru, untuk tidak mendekati aliran lahar dan tidak mendekati areal lava pijar.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 December 2020, 13:26 WIB

Video Terkait

Spotlights