VIDEO: Kasus COVID-19 di Jember Meningkat, Lima RS Penuh

VIDEO: Kasus COVID-19 di Jember Meningkat, Lima RS Penuh

Pasien terpapar COVID-19 di Kabupaten Jembermelonjak signifikan, disusul tingginya angka kematian dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya rumah sakit rujukan pasien COVID-19, saat ini sudah melebihi kapasitas. Kondisi tersebut menjadikan Kabupaten Jember kembali masuk zona merah COVID-19.

Melonjaknya angka penularan COVID-19 di Jember, Jawa Timur, membuat ruang perawatan, rumah sakit khusus pasien COVID-19 penuh.

Dari total 11 rumah sakit yang disiapkan, terdapat 5 rumah sakit kini telah melebihi kapasitas, dan tidak bisa lagi menerima pasien Covid-19, salah satunya adalah Rumah Sakit Jember Klinik. Sedangkan di RSUD dr Soebandi saat ini hanya tersisa 15 persen ruang perawatan, dengan prioritas pasien Covid-19 dengan gejala kronis.

Melonjaknya angka pasien Covid-19, membuat Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu sore, kembali masuk kategori zona merah. Berdasarkan data Satgas Covid-19, rata-rata temuan kasus baru mencapai 50 hingga 60 kasus per hari. Angka kematian tertinggi pada 29 November 2020, yakni 8 kasus kematian dalam sehari.

"Kalau lonjakannya sangat relatif tinggi, jadi selama 14 hari terakhir ini mulai tanggal 18 November sampai 1 Desember, itu rata-rata per harinya antara 50 sampai 60 penambahan pasien positif, dan kalau untuk yang pasien meninggal selama 14 hari terakhir ini, juga semakin tinggi, dan yang tertinggi itu selama covid, mulai dari bulan Maret sampai sekarang tertinggi itu terjadi dari 29 November, jadi sebanyak 8 orang yang meninggal dunia," ujar Gatot Triyono, Jubir Satgas COVID-19, 4 Desember 2020.

Untuk menekan melonjaknya kasus positif COVID-19. Satgas Covid-19 Jember, sudah menyiapkan hotel, untuk menampung pasien baru dengan fasilitas kesehatan dan medis. Data per Rabu sore, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jember, mencapai 2.571 kasus, dan 122 di antaranya meninggal dunia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 December 2020, 15:46 WIB

Video Terkait

Spotlights