Sukses

Hendy-Gus Firjaun Unggul di Pilkada Jember dalam Hitung Cepat LSI

LSI mengambil sampel sebanyak 260 TPS dari total 4.752 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA bersama Citra Publik adv menyebut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember nomor urut 2 Hendy Siswanto-M. Balya Firjaun Barlaman sementara unggul di Pilkada Jember versi hitung cepat.

Secara persentase, pasangan calon nomor urut 1 Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto mengumpulkan 30,41 persen, pasangan calon nomor urut 2 Hendy Siswanto - M. Balya Firjaun Barlaman mendapatkan 47,95 persen, dan pasangan calon nomor urut 3 Abdussalam - Ifan Ariadna meraih 21,64 persen.

"Hasil quick count Pilkada Jember itu berdasarkan data yang masuk sudah mencapai 95,77 persen dari TPS sampling hingga jam 16.43 WIB," kata peneliti LSI Rully Akbar di Jember, Rabu sore, 9 Desember 2020.

Dia menuturkan, pihak LSI mengambil sampel sebanyak 260 TPS dari total 4.752 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh wilayah Jember, dilansir dari Antara.

"Kami menghormati penghitungan manual KPU, tapi tidak akan jauh berdasarkan data yang masuk mendekati 100 persen. Pengalaman kami di pemilu legislatif dan pemilu presiden hanya beda dari real count plus minus 1 persen," ucap-nya.

Ia mengatakan hasil hitung cepat di beberapa kota yang pilkada hanya selisih dengan real count 0,11 persen, sehingga hasil tersebut tidak akan berbeda jauh atau sebaliknya dari hitung manual yang dilakukan KPU Jember.

"Hitung cepat bisa menggambarkan sebaran suara meski tidak semua TPS diambil karena sampel telah secara cermat diperhitungkan. Berdasarkan hasil hitung cepat, Hendy-Gus Firjaun memenangi perolehan suara di enam daerah pemilihan," ujarnya.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebab Keunggulan Suara

Rully mengatakan, keunggulan pasangan calon Hendy-Gus Firjaun dimungkinkan karena kekuatan figur, keunggulan kerja tim dan soliditas partai pengusung-nya.

"Kemungkinan besar kemenangan penantang atau pendatang baru bisa menggambarkan sebuah perubahan atau ada tata kelola yang salah dari Bupati Faida, sehingga bisa masuk ke dalam pemilih baru atau pemilih lama yang kemudian berubah pilihannya," tutur-nya.

Ia menilai figur Hendy dan Gus Firjaun saling melengkapi yakni rekam jejak Hendy telah banyak investasi politik dan nonpolitik sebelum pencalonan jauh-jauh hari, sedangkan sosok Gus Firjaun sangat mendongkrak suara karena sebagai tokoh Nahdlatul Ulama yang disegani.

"Sehingga jejaring sampai akar rumput NU cenderung menjatuhkan pilihan karena dorongan pengaruh latar belakang Gus Firjaun seorang ulama tersebut," katanya.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dengan nomor urut 1, kemudian Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) dengan nomor urut 2, dan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) dengan nomor urut 3.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan dengan jumlah 4.752 tempat pemungutan suara (TPS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.