Sukses

Jumlah Partisipan Pilkada Kabupaten Kediri Meningkat 5 Persen

Peran media juga cukup baik karena ikut menyosialisaskan tahapan pilkada. Masyarakat menjadi tahu siapa pasangan calon yang maju.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah partisipan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Kediri, Jawa Timur meningkat 5 persen dari pilkada lima tahun lalu.

"Alhamdulillah partisipasi naik. Dari hasil hitung cepat partisipasinya sementara di data kami sebanyak 65,23 persen," kata anggota KPU Kabupaten Kediri Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Sumber Daya Manusia, dan Partisipasi Masyarakat Nanang Qosim di Kediri, Kamis, 10 Desember 2020.

Pihaknya menduga ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat partisipasi di Pilkada Kabupaten Kediri 2020 yang naik tersebut, antara lain adanya dukungan dari pasangan calon tunggal yang berproses di pilkada ini. Selain itu, ada juga dukungan dari para relawan bumbung kosong, dilansir dari Antara.

"Karena semakin banyak relawan bumbung kosong bergerak dan semakin banyak pasti mereka akan menghadirkan orang, sehingga mereka juga ikut serta menaikkan partisipasi kami," kata dia.

Ia menambahkan jika relawan bumbung kosong besar, tim dari pasangan calon juga akan semakin intensif bergerak maksimal.

Selain itu, peran media juga cukup baik karena ikut menyosialisaskan tahapan pilkada. Masyarakat menjadi tahu siapa pasangan calon yang maju, tahapannya, masyarakat mengetahui cara mencoblos dan mereka tidak khawatir datang ke TPS karena standar protokol COVID-19 yang diterapkan KPU bisa diketahui masyarakat.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengawal Hasil Pilkada

Nanang mengatakan tingkat partisipasi masyarakat termasuk di daerah yang terpencil juga cukup bagus, kendati masih pandemi COVID-19. Misalnya di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, lalu di Kandangan, di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar juga cukup bagus. Adanya semangat perubahan di Kabupaten Kediri mengalahkan kekhawatiran masyarakat terhadap pandemi dan satu pasangan calon.

Pihaknya berharap setelah pilkada ini semua pihak ikut serta mengawal hasil pilkada. Masih terdapat sejumlah tahapan yang kini belum selesai setelah pemberian hak suara, Rabu (9/12), yakni rekapitulasi di tingkat kecamatan yang akan dilakukan pada 11 Desember, lalu 14-17 Desember 2020 rekapitulasi manual di tingkat kabupaten, sehingga bisa diketahui siapa yang mendapatkan suara terbanyak.

Ia menegaskan hasil hitung cepat tidak bisa menjadi dasar penentu melainkan hasil rekapitulasi manual yang menjadi penentu resmi hasil pilkada.

Pilkada Kabupaten Kediri diikuti 1.231.512 orang yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Aspirasi mereka disalurkan pada 3.311 TPS yang tersebar di 26 kecamatan.

Pilkada tersebut diikuti pasangan calon tunggal yakni calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dengan pasangannya calon Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.