VIDEO: KSAL Serahkan 6 KRI Buatan Dalam Negeri Saat Hari Armada

VIDEO: KSAL Serahkan 6 KRI Buatan Dalam Negeri Saat Hari Armada

Memperingati Hari Armada Republik Indonesia 2020, Kepala Staf Angkatan Laut, KSAL, Laksamana TNI, Yudo Margono menyerahkan enam unit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk Koarmada I, II dan III. keenam kapal perang tersebut untuk memperkuat alutsista TNI AL dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Ulang Tahun Armada Republik Indonesia Tahun 2020, pada Senin, dipusatkan di Markas TNI AL, Armada II, tepatnya di Dermaga Selat Madura Ujung-Surabaya.

Dalam kesempatan ini, KSAL, Laksamana TNI, Yudo Margono menyerahkan enam kapal perang baru, untuk menambah kekuatan tempur angkatan laut, yang semuanya diproduksi di dalam negeri, baik di Banten maupun Batam.

Dari enam KRI, empat di antaranya merupakan kapal jenis patroli cepat, untuk memperkuat alat utama sistem persenjataan, yaitu KRI Posepa, KRI Escolar, KRI Karotang, dan KRI Mata Bongsang.

Sedangkan dua kapal lainnya merupakan jenis angkutan tank. Yaitu KRI Teluk Kendari untuk Satfib Koarmada I dan KRI Teluk Kupang, untuk Satfib Koarmada II. Industri dalam negeri sudah mampu membuat KRI untuk menambah kekuatan alutsista TNI Angkatan Laut.

"Jadi yang PC-40 tadi buatan PT Caputra Mitra Sejati di Banten, kemudian yang dua lagi PT KAS di Batam, kemudian yang dua ini dari Koja Bahari, jadi itu murni buatan dalam negeri, makanya tadi saya sampaikan kebanggaan bagi kita semuanya, bahwa industri dalam negeri sudah bisa memperkuat atau membuat KRI yang dapat memperkuat Koarmada kita," ujar Laksamana TNI Yudo Margono, KSAL, seperti dikutip dari Fokus, 9 Desember 2020.

Selain menyerahkan enam KRI, Jenderal bintang empat ini juga mengukuhkan enam Komandan KRI yang akan bekerja memperkuat ketahanan dan keamanan NKRI.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 11 December 2020, 16:12 WIB

Video Terkait

Spotlights