Sukses

Kontak Erat dengan Bupati Lumajang, 15 Orang Jalani Tes Usap COVID-19

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19 melalui video yang diunggah dalam akun media sosial pribadinya pada Jumat pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyatakan, ada sekitar 15 orang yang harus melakukan tes usap atau tes swab COVID-19 yang kontak erat dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Thoriqul dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Ada sekitar 15 orang yang harus di-swab terkait kontak erat dengan Bupati Lumajang, yakni keluarga dan mereka yang berada di Peringgitan Pendapa Arya Wiraraja," ujar Kepala Dinkes Lumajang dr Bayu Wibowo Ignasius di Lumajang.

Dia menuturkan, Satgas Penanganan COVID-19 tidak melakukan tes usap kepada ASN di lingkungan Pemkab Lumajang karena Bupati Thoriqul Haq hanya melakukan kontak terbatas pada beberapa orang saja.

"Swab dilakukan kepada keluarga dan warga Peringgitan Pendapa Arya Wiraraja yang merupakan kontak erat dengan Bupati Lumajang," kata dia, seperti dilansir dari Antara, Jumat, (11/12/2020).

Sebelumnya Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19 melalui video yang diunggah dalam akun media sosial pribadinya pada Jumat pagi.

Bupati yang biasa disapa Cak Thoriq itu menyampaikan telah menjalani dua kali tes usap dengan hasil negatif pada tes usap pertama yang dilakukan pada Rabu, 9 Desember 2020 dan tes usap kedua pada Kamis malam, 10 Desember 2020 hasilnya terkonfirmasi positif COVID-19.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Sehat

Meski terinfeksi COVID-19, Cak Thoriq menyatakan dirinya dalam kondisi sehat dan bugar karena tidak mengalami gejala apapun dan harus menjalani isolasi mandiri.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya minta masyarakat menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak harus menjadi kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga diri dan keluarga dari COVID-19," ujar dia.

Jumlah warga Kabupaten Lumajang yang terkonfirmasi positif COVID-19 hingga Jumat sore, 11 Desember 2020 mencapai 1.593 orang, dengan rincian sebanyak 133 orang menjalani perawatan, 1.314 orang dinyatakan sembuh dan 146 orang meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.