Sukses

Duri Ikan Bandeng Jadi Berkah Saat Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari coba-coba, Anim Falahuddin, warga Gresik, Jawa Timur mengolah duri ikan bandeng menjadi abon.

Anim melihat banyak duri dan tulang ikan bandeng yang dibuang sia-sia. Berkat ketekunan Anim, abon duri ikan menjadi produk kuliner yang diminati masyarakat.

Untuk membuat abon dari duri ikan bandeng ini juga cukup mudah. Pertama, duri ikan bandeng yang sudah dipisahkan dari dagingnya dicuci bersih. Kemudian, dilunakkan dengan dimasak presto menggunakan panci khusus, selama beberapa waktu.

Setelah duri ikan lunak, masak aneka bumbu dan rempah, masukkan tulang ikan bandeng yang sudah lunak dan disangrai dengan api kecil hingga kering.

Usaha kuliner abon dari duri ikan bandeng ini, bisa membangkitkan roda usaha Anim yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Untuk masa pandemi ini sangat berpengaruh sekali terhadap permintaan kami, terhadap omzet kami, karena mayoritas produk kami diserap oleh beberapa rumah makan, supermarket, yang notabene, ketika ada pandemi ini, mereka banyak yang tutup, jadi suplai kita ke beberapa rumah makan itu berkurang, ujar Anim Falahuddin, Perajin Bandeng Olahan Gresik, seperti dilansir dari Liputan6, ditulis Minggu, (13/12/2020).

Untuk mensiasati, Anim mencoba untuk menciptakan produk-produk baru untuk lebih memiliki nilai ekonomi, kemudian ada pangsa pasar yang diminati. "Alhamdulillah dari produk baru yang kita keluarkan mulai ada peningkatan permintaan," 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Harga Abon

Abon duri ikan bandeng, juga dipercaya mengandung kalsium tinggi, yang bagus untuk pertumbuhan tulang. Setiap hari, rata-rata usaha rumahannya memproduksi 10 kilogram duri ikan bandeng.

Abon dari duri ikan bandeng ini dijual Rp 20 ribu, untuk kemasan 100 gram. Bila penasaran dengan rasa abon dari ikan bandeng ini? Anda bisa langung datang ke Gresik atau bisa juga memesan melalui daring, maupun mencoba memasak sendiri di rumah.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini