Sukses

Keahlian Wali Kota Risma Potong Cabang Pohon

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Risma ternyata memiliki keahlian dalam memotong cabang pohon. Petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya pun diperingatkan Wali Kota Risma agar tidak sembarangan memotong cabang pohon di kawasan pedestrian selama musim hujan.

Ia mengungkapkan jika ada cabang pohon yang akan dipangkas, maka dipastikan maksimal bercabang tiga. Ketiga cabang itu berada di tiga sisi yang berbeda dan segitiga cabang paling sempurba kekuatannya.

“Pohon yang memiliki banyak cabang, yang dipotong sebaiknya cabang yang kecil-kecil saja,” ujar Wali Kota Risma, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (14/12/2020).

Sementara, cabang besar dibiarkan saja, kecuali kalau cabang besar mengganggu orang lewat atau dia sudah terlalu tinggi. Untuk ranting-ranting pohon yang terlalu lebat daunnya sebaiknya dipangkas.

Tujuannya, supaya cahaya matahari dan angin bisa lewat sehingga pohon tidak mudah roboh.

Ia juga meminta petugas DKRTH memangkas cabang pohon yang posisinya terlalu rendah karena bisa mengganggu warga yang melewati kawasan pedestrian.

“Kalau orang tidak bisa lewat karena cabang pohon terlalu rendah, orang akan turun ke jalan dan bisa tertabrak mobil, kami yang salah (kalau seperti itu),” kata Wali Kota Risma.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: