VIDEO: Tanggul Sungai Jebol, Banjir Kepung Tiga Desa di Dawarblandong Mojokerto

VIDEO: Tanggul Sungai Jebol, Banjir Kepung Tiga Desa di Dawarblandong Mojokerto

Hujan deras yang terjadi di sejumlah daerah di Jawa Timur, menyebabkan sungai meluap dan banjir. Di Mojokerto, tanggul sungai jebol merendam tiga desa di Kecamatan Dawarblandong. Sementara di Magetan, banjir merusak jalan desa dan rumah warga.

Di tiga desa yakni Desa Banyulegi, Pulo Klanting, dan Ngarus, di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Minggu pagi terendam banjir.

Kondisi terparah, ada di Desa Banyulegi. 33 rumah warga di desa tersebut, terendam banjir 1 meter lebih. Selain merendam pemukiman warga, banjir memutus akses jalan penghubung antar desa.

Menurut warga, banjir disebabkan jebolnya tanggul Sungai Lamong, yang tak kuat menahan arus sungai, dan debit yang meluap akibat hujan. Berikut tayangannya pada Liputan6, 14 Desember 2020.

Sementara di Magetan, Jawa Timur, banjir menyebabkan kerusakan di sejumlah lokasi. Di antaranya Jalan Sukowati, depan Kantor Samsat Magetan. Median jalan, sepanjang kurang lebih 44 meter, ambrol diterjang banjir. Sejumlah talut sungai, juga jebol terbawa arus banjir pada Sabtu malam.

Hingga Minggu pagi, petugas dinas terkait membersihkan material median jalan yang rusak. Sementara, warga membersihkan material lumpur yang terbawa banjir ke dalam rumah.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti, kerusakan yang terjadi akibat banjir. Sebab, BPBD setempat masih mendata kerusakan dan kerugian, baik fasilitas umum, bangunan, maupun pemukiman warga.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 December 2020, 16:36 WIB

Video Terkait

Spotlights