VIDEO: Tim Robotika Spenza SMPN 1 Surabaya Meraih Juara Umum Lomba Robot Internasional

VIDEO: Tim Robotika Spenza SMPN 1 Surabaya Meraih Juara Umum Lomba Robot Internasional

Tim Robotika Spensa, dari siswa SMP Negeri 1 Surabaya, Jawa Timur kembali meraih gelar juara di lomba robot internasional. Bahkan mereka dinobatkan sebagai juara umum, setelah empat robotnya meraih juara.

Salah satu keistimewaan robot ciptaan mereka adalah, Robot Underwater yang mampu memindahkan benda dari satu titik ke titik lainnya di bawah air.

Tim Robotika Spensa, dari siswa SMP Negeri 1 Surabaya, kembali mengukir prestasi di bidang robotika. Mereka berhasil meraih juara dalam kompetisi robotika internasional yang digelar di Surabaya akhir bulan November lalu. Bahkan mereka meraih juara umum, setelah empat robotnya meraih juara.

Empat robot yang diturunkan dalam lomba di antaranya, Robot Maze Solving, Transporter, Robot Underwater, dan Robot Drone.

Salah satu keistimewaan robot ciptaan mereka adalah, Robot Underwater yang mampu memindahkan benda, dari satu titik ke titik lainnya di bawah air, dengan dikendalikan pilot melalui remote kontrol. Sedangkan Robot Drone menjadi robot yang unik karena ukuran drone-nya kecil, dan dikendalikan oleh pilot yang memakai kacamata video. Robot Drone mampu terbang melewati rintangan dengan kecepatan tinggi.

Tim Robotika Spensa ini butuh sebulan untuk mempersiapkan robot sebelum ikut kompetisi. Komponen dan program yang eror kerap menjadi kendala saat perlombaan. Selain itu, banyaknya pesaing dari luar kota seperti dari Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung, menjadi pesaing berat saat perlombaan.

"SMP Negeri 1 Surabaya sangat bangga terhadap anak-anak kami berlima ini, dalam rangka 2 tahun robot internasional yang ngadakan Rotary Club, Alkhamdulillah dapat juara umum, kami keluarga besar SMP Negeri 1 sangat bangga kepada anak-anak, mudah-mudahan tetap berinovasi dan dapat juara tingkat nasional lagi untuk tahun-tahun yang akan datang," ungkap Akhmad Suharto, Kepala SMPN 1 Surabaya.

Tim Robotika Spensa Surabaya ini sebelumnya juga telah meraih prestasi juara kompetisi tingkat nasional maupun internasional. Terakhir, mereka meraih juara di kontes robot internasional di Singapura dan Jepang.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 16 December 2020, 18:51 WIB

Video Terkait

Spotlights