Sukses

Pemkab Banyuwangi Larang Kegiatan Kerumunan Saat Tahun Baru 2021

Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi diminta merumuskan bersama aturan tegas soal larangan adanya kerumunan pada kegiatan apapun.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Daerah Banyuwangi, Jawa Timur melarang perayaan malam tahun baru di tempat berpotensi menimbulkan kerumunan untuk mencegah penularan COVID-19 mengingat beberapa hari terakhir Banyuwangi berstatus zona merah.

"Maka kami harus kembali berupaya lebih keras untuk menekan jumlah kasus COVID-19 di daerah. Perlu ada langkah bersama untuk mengantisipasi terjadinya penambahan pasien positif dan munculnya klaster baru akibat momen liburan akhir tahun," kata Bupati Azwar Anas pada Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2020 di Mapolresta Banyuwangi, Kamis, 17 Desember 2020.

Untuk mengantisipasinya, kata Azwar Anas, salah satunya meminta Satgas Penanganan COVID-19 Banyuwangi merumuskan bersama aturan tegas soal larangan adanya kerumunan pada kegiatan apapun, dilansir dari Antara.

"Nanti bisa dirumuskan lebih detail larangan kerumunan massa di momen libur Natal dan tahun baru. Aturan melarang kerumunan tersebut nantinya tidak hanya berlaku di momen libur Natal dan tahun baru, tapi juga diharapkan terus berlanjut selama masih dalam masa pandemi," ujarnya.

Rakor Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kesiapan Operasi Lilin Semeru 2020 juga dihadiri Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Danlanal Letkol Laut (P) Joko Setiyono, Ketua MUI Moh. Yamin, Bamag, dan perwakilan sejumlah lembaga serta ormas.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mendukung pelarangan kerumunan pada momen akhir tahun yang disampaikan Bupati Azwar Anas, mengingat Banyuwangi baru saja berstatus zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19 dengan jumlah kasus baru mengalami peningkatan.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunjukkan Hasil Tes Usap

Arman juga mengusulkan agar setiap tamu yang datang ke hotel, restoran atau kafe di Banyuwangi bisa menunjukkan hasil tes usap (swab test) atau rapid test antigen untuk memastikan terhindar dari COVID-19.

"Negara terus melakukan upaya antisipatif untuk mencegah meningkatnya kasus COVID-19, tentunya daerah harus mendukung upaya ini dan bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Pada intinya kita semua harus berkolaborasi untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Kapolresta.

Sementara itu, Dandim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto meminta operasi yustisi penegakan protokol kesehatan kembali digalakkan dengan lebih masif, mulai tingkat kabupaten hingga desa.

Dandim juga meminta sanksi yang diberikan bisa lebih tegas sehingga menimbulkan efek jera bagi warga agar tidak melanggar protokol kesehatan.

"Contohnya, seperti sanksi yang diberikan kalau pengendara motor tidak memakai helm. Dulu masyarakat juga susah disuruh tertib pakai helm, tetapi karena sanksinya tegas, sekarang semua sudah tertib. Ini bisa juga dilakukan agar warga mematuhi prokes," ucapnya.

Data sebaran COVID-19 di Kabupaten Banyuwangi hingga hari ini tercatat sebanyak 3.608 kasus, dengan rincian pasien perawatan 357 orang (dirawat, isolasi mandiri, karantina), sembuh 2.957 orang, dan 294 orang meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.