Sukses

KAI Daop 8 Surabaya Siap Operasikan 64 Unit Lokomotif

PT KAI Daop 8 Surabaya juga akan mengoperasikan 30 KA jarak menengah/jauh regular saat libur Natal dan Tahun Baru dan 64 KA lokal.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan armada terdiri dari 64 unit lokomotif untuk mendukung operasional pelayanan kereta api (KA) pada masa Natal dan Tahun Baru 2021.

Selain itu, ada 389 gerbong kereta, 16 unit KRD dan 597 gerbong barang yang siap dioperasionalkan. Armada itu dipusatkan pada tiga depo di wilayah daerah operasi (Daop) 8 Surabaya antara lain depo lokomotif, gerbong, Kereta Sidotopo, depo lokomotif, Kereta Surabaya, Pasar Turi dan depo kereta, Lokomotif Malang.

PT KAI Daop 8 Surabaya juga akan mengoperasikan 30 KA jarak menengah/jauh regular saat libur Natal dan Tahun Baru dan 64 KA lokal.

Untuk stasiun keberangkatan awal dari 30 KA jarak menengah/jauh regular tersebut dipusatkan pada tiga stasiun kelas besar antara lain:

1.Stasiun Malang sebanyak enam KA jarak menengah/jauh pemberangkatan awal

2.Stasiun Pasar Turi sebanyak delapan KA jarak menengah/jauh pemberangkatan awal

3.Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16 KA jarak menengah/jauh (8 KA pemberangkatan awal dan 8 KA yang melintas).

Sementara guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus balik liburan, PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 2 KA tambahan pada 3 Januari 2021, yaitu KA Gajayana Fakultatif relasi Malang - Gambir, dan KA Sembrani Fakultatif relasi Surabaya Pasar Turi - Gambir.

Untuk tujuan dari 30 KA Jarak Menengah/Jauh Reguler tersebut di antaranya ke arah Jakarta 13 KA, ke arah Bandung 5 KA, Ke arah Jember/Ketapang 7 KA, masing-masing 1 KA ke arah Cirebon, Lempuyangan, Semarang, Cilacap serta Purwokerto.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Sudah Mulai Pesan Tiket

PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka layanan pemesanan tiket Kereta Api Jarak Menengah/ Jauh untuk periode liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Masyarakat sudah dapat memesan tiket tersebut melalaui aplikasi KAI Access, Situs resmi kai.id, serta kanal penjualan online resmi lainnya.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode liburan Natal dan Tahun baru secara online, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat," ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, seperti dikutip dari keterangan tertulis, ditulis Jumat, (18/12/2020).

Suprapto melihat, masyarakat sudah mulai kembali mempercayakan moda transportasi kereta api. Hal itu terlihat dari volume pelanggan yang terus menunjukkan tren positif dalam tiga bulan terakhir ini.

Pada September sebanyaj 293.425 penumpang/bulan, pada Oktober ada 354.695 penumpang/bulan dan November 2020 mencapai 399.557 penumpang/bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.