Sukses

KLB Demokrat Putuskan Moeldoko Jadi Ketua Umum

VIDEO: BPBD Gresik Evakuasi Korban Banjir Kali Lamong Pakai Perahu Karet

Liputan6.com, Jakarta - Hingga Selasa pagi, banjir akibat luapan Kali Lamong masih tinggi, di antaranya di Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme, Gresik, Jawa Timur. Menggunakan perahu karet dan perahu dayung, petugas BPBD menyisir wilayah banjir, dan mengevakuasi puluhan warga yang rumahnya terendam banjir hingga 1 meter lebih. 

Menggunakan perahu karet dan perahu dayung, petugas BPBD Gresik menyisir wilayah banjir, di antaranya di Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme, pada Selasa pagi. Di beberapa lokasi banjir merendam rumah warga hingga ketinggian 1,5 meter lebih.

Satu per satu warga yang rumahnya sudah hampir tenggelam, dievakuasi menggunakan perahu karet keluar dari pemukiman ke tempat yang lebih aman. Demikian dilansir dari Liputan6, 16 Desember 2020.

Meski demikian, sejumlah warga memilih bertahan mengamankan barang-barang mereka. Kebanyakan warga mengamankan barang-barang berharga miliknya yang masih bisa diselamatkan, ke tempat yang lebih tinggi, dan membawa seadanya yang bisa dibawa.

Banjir akibat luapan Kali Lamong menerjang tiga kecamatan di Gresik, yakni, Balongpanggang, Benjeng, dan Cerme. Meski di dua kecamatan, Balongpanggang dan Benjeng, banjir mulai surut, namun banjir masih tinggi di beberapa desa di Kecamatan Cerme.