Sukses

Risma Sasar Perumahan Elit untuk Sosialisasi Protokol Kesehatan, Mengapa?

Wali Kota Surabaya Risma fokus menyasar beberapa perumahan elit untuk sosialisasi protokol kesehatan/

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyatakan saat ini fokus menyasar ke beberapa kawasan perumahan elit untuk sosialisasi protokol kesehatan. Hal ini mengingat sebagian besar yang terpapar COVID-19 tinggal di perumahan menengah atas.

"Berdasarkan data ‘tracing’ Pemkot Surabaya, saat ini sebagian besar yang terkena COVID-19 tinggal di perumahan menengah atas,” ujar Risma saat melakukan Sunday Morning Ride, seperti dilansir dari Antara, Minggu (20/12/2020).

Risma menuturkan, sebagian besar dari mereka yang terkena COVID-19 setelah bepergian dari luar kota. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, Risma fokus menyasar ke beberapa kawasan perumahan elit di antara Kebraon, Kedurus, Babatan Wiyung, Darmo Indah, Darmo Permai, hingga Villa Bukit Mas.

"Hampir 75 persen tinggal di perumahan menengah atas. Jadi kenapa saya tadi masuk ke perumahan-perumahan,” ujar dia.

Ia menuturkan, kepada warga untuk sementara waktu, kalau tidak terpaksa, tidak ke luar kota terlebih dahulu, terutama saat libur panjang Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Risma juga membagikan masker di sepanjang perjalanan itu. Dengan dibonceng motor listrik, ia tak henti-hentinya mengingatkan warga menggunakan pengeras suara agar kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Bapak-ibu sekalian saya mohon dengan hormat agar liburan kali ini tak bepergian ke luar kota jika itu tak penting. Sebab, saat ini kasus COVID-19 di luar kota meningkat," tutur dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risma Ingatkan Kembali Warga untuk Taat Protokol Kesehatan

Beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Kota Surabaya juga nampak mengikuti di belakang Wali Kota Risma menggunakan motor. Mereka terlihat siap dengan membawa bungkusan masker yang akan dibagikan kepada warga.

Risma menyatakan saat ini memang kasus COVID-19 sedang meningkat. Oleh karena itu, ia kembali mengingatkan masyarakat agar menaati protokol kesehatan, terutama warga yang tinggal di perumahan menengah atas dan sering bepergian ke luar kota.

"Karena kalau dilihat datanya, usianya itu 'range' remaja dan 'range' pekerja, dan rata-rata mereka tinggal di perumahan menengah atas. Jadi bukan di kampung lagi, kalau dulu awal-awal (pandemi, red.) di kampung," ujar dia.

Data Pemkot Surabaya juga mencatat mereka yang terpapar COVID-19 sebagian merupakan para pekerja. Untuk mencegah hal itu, pihaknya bakal memasifkan sosialisasi protokol kesehatan melalui surat edaran.

"Kita akan buat surat edaran ke kantor-kantor lagi. Kita akan berikan surat untuk masing-masing kantor, pertokoan dan industri agar taat lagi terhadap protokol kesehatan," ujar dia.

Bagi warga yang tidak bisa menghindari pergi ke luar kota karena urusan pekerjaan, Risma juga mengingatkan mereka agar dapat menjaga diri dan melindungi keluarganya.

Apalagi, rata-rata saat ini yang terpapar itu dari klaster rumah. "Mereka memang melakukan protokol kesehatan, cuma mereka kemudian menular di rumahnya sendiri. Dalam satu rumah itu ada yang kena empat orang, ada yang kena sampai lima orang," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.