VIDEO: Nenek Sebatang Kara Hidup di Rumah Kos Penuh Sampah

VIDEO: Nenek Sebatang Kara Hidup di Rumah Kos Penuh Sampah

Seorang nenek berusia 71 tahun di Surabaya, hidup sebatang kara di sebuah kamar kos yang penuh tumpukan sampah. Nenek asal Malang yang telah menetap di Surabaya, Jawa Timur selama lebih dari 25 tahun ini, sehari-hari hidup dari belas kasih warga sekitar yang iba dengan kondisinya yang sudah renta.

Yatimah, nenek 71 tahun ini, tinggal sebatang kara di tempat kos gang sempit di Jalan Girilaya Surabaya. Kehidupan Yatimah yang sudah mulai sakit-sakitan ini sungguh memilukan. Di dalam kamar berukuran 4x4 meter ini, Yatimah hidup di atas tumpukan sampah.

Untuk hidup sehari-hari, Yatimah hanya menggantungkan belas kasihan warga sekitar. Bahkan kondisi kesehatannya saat ini semakin menurun karena usia lanjut. Apalagi rumah kosnya dalam kondisi lampu penerangan mati.

Hal ini karena kos tidak terurus, karena kabarnya si pemilik sudah menjual tempat kosnya ke orang lain. Setelah ramai beredar di media sosial, nenek sebatang kara ini, lalu didatangi petugas dari Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya.

"Kemungkinan kalau kos itu lebih dari sekitar 25 tahun, karena saya menempati sini sudah 25 tahun lebih, kalau saudaranya yang jelas itu, kalau di sini tidak ada, tetapi pernah saya tanyakan bahwa mereka katanya saudaranya ada di Malang," ujar Hadi Suyono, Ketua RT Girilaya Surabaya, dilansir dari Fokus, 18 Desember 2020.

Selanjutnya Dinas Sosial Kota Surabaya membawa nenek Yatimah, untuk dibawa ke Panti Jompo Griya Werda di Jalan Jambangan, Surabaya. Di tempat tinggal yang baru tersebut, diharapkan sang nenek bisa hidup lebih layak.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 December 2020, 10:07 WIB

Video Terkait

Spotlights