Sukses

Bacaan Doa untuk Orangtua, Berharap Rahmat Sang Khalik Saat Hari Ibu

Banyak manfat doa, salah satunya doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan tulus bisa mendatangkan rahmat.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti mentari yang terus menyinari bumi, kasih ibu terhadap anaknya abadi sepanjang masa. Maka tak berlebihan jika setiap tahun, Indonesia memperingati Hari Ibu sebagai bentuk penghormatan yang konkret kepada makhluk Tuhan yang paling berjasa kepada anaknya itu.

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap 22 Desember melalui ketatapan yang teruang dalam Keputusan Presiden Indonesia Nomor 316 Tahun 1959. Saat itu Soekarno memandang penting untuk memperingati semangat wanita Indonesia guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Namun, seiring waktu, hari raya tersebut berkembang menjadi perayaan untuk menghargai peran seorang ibu. Bermacam ungkapan cinta disampaikan kepada kaum ibu. Ada yang sekadar memberi ucapan, ada yang memberi hadiah, ada pula yang membebaskan tugas sehari-hari dan membiarkan para ibu untuk terbebas dari kesibukannya.

Ada salah satu ungkapan kasih sayang yang wajib dikerjakan, setidaknya saat Hari Ibu berlangsung, yaitu mendoakan mereka agar selalu mendapat kebaikan. Dalam agama Islam, ada doa yang ditujukan khusus kepada orangtua.

Banyak manfat doa, salah satunya doa yang dipanjatkan kepada Allah dengan tulus bisa mendatangkan rahmat. Bahkan, dengan doa disertai mengingat Allah maka akan mendapat kemudahan menghadapi kesulitan hidup.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa untuk Kedua Orangtua Saat Hari Ibu

Keutamaan doa itu termaktub dalam Al-Quran surah Al-A’raf ayat 55 hingga ayat 56 sebagai berikut:

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Berikut adalah doa untuk orang tua yang bisa dipanjatkan di Hari Ibu. Meski doa ini bersifat umum, namun doa untuk kebaikan orang tua ini baik dibaca di hari yang khusus diperuntukkan kaum ibu.

 رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Rabbighfir lī wa li wālidayya warham humā kamā rabbayānī shaghīrā. 

Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.