VIDEO: Pemkab Tulungagung Tutup Tempat Wisata Akibat Lonjakan Kasus COVID-19

VIDEO: Pemkab Tulungagung Tutup Tempat Wisata Akibat Lonjakan Kasus COVID-19

Pasca terjadinya lonjakan kasus COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir, Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mengeluarkan surat edaran penutupan sementara tempat wisata. Penutupan dilakukan mulai 19 Desember, sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Salah satu area publik yang ditutup adalah Alun-Alun Tulungagung. Penutupan berdasarkan Surat Edaran Bupati Tulungagung, yang berisi menutup sementara seluruh tujuan wisata dan ruang terbuka publik.

Wakil Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, mengatakan, penutupan tempat wisata berlaku mulai Sabtu, 19 Desember 2020.

Dengan penutupan sementara, seluruh tempat wisata di Tulungagung, diharapkan bisa memutus rantai penyebaran COVID-19. Terlebih pada momen libur akhir tahun, biasanya terjadi lonjakan pengunjung tempat wisata.

Galih menambahkan, selain penutupan lokasi wisata, Pemerintah Kabupaten Tulungagung, juga tidak menggelar acara pergantian tahun, yang bersifat mengumpulkan massa, termasuk pesta kembang api.

"Ini sementara sifatnya, apakah Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga tidak mengalami kerugian ? estimasi pendapatan asli daerah, pasti akan turun, tapi penanganan kesehatan juga kita harus ambil, gas sudah kita lepas kemarin, kita harus rem sekarang, ambil tindakan demikian ini, gas dan rem, kita sekarang harus mengerem," kata Galih Nusantoro, Wakil Jubir Satgas COVID-19 Tulungagung, seperti dilansir dari Liputan6, 21 Desember 2020.

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang memiliki banyak lokasi wisata alam, yang menjadi tujuan wisatawan terutama saat musim libur. Seperti taman Alon-Alon Kota, Ranu Gumbolo, Dokar Dreamland serta sejumlah wisata pantai.

Pemkab setempat akan terus mengevaluasi kebijakan ini, dan kemungkinan lokasi wisata akan dibuka, jika kondisi sudah membaik.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 23 December 2020, 09:02 WIB

Video Terkait

Spotlights