Sukses

9 Wisata Alam Kediri Paling Hits dan Instagramable, Indah Memesona

Wisata alam Kediri terdiri dari daerah perbukitan dan air terjun yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Kediri memiliki keindahan yang tidak kalah dengan tempat lainnya di Jawa Timur. Berbagai destinasi, mulai dari air terjun, pegunungan, hingga perbukitan yang indah dan instagramble bisa kamu kunjungi.

Banyak orang yang hanya mengenal Simpang Lima Gumul saat ke Kediri. Hal ini tidak terlepas dari Simpang Lima Gumul sebagai ikon Kota Kediri. Padahal, tempat wisata Kediri lainnya juga tak kalah menarik, apalagi destinasi alamnya.

Wisata alam Kediri terdiri dari daerah perbukitan dan air terjun yang indah. Selain itu, ada pula hutan pinus, goa, hingga daerah pegunungan seperti Gunung Kelud dan Gunung Wilis bagi kamu pencinta kegiatan naik gunung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/12/2020) tentang wisata alam Kediri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam Kediri Bukit

Bukit Ongakan

Salah satu wisata alam Kediri yang berupa perbukitan adalah Bukit Ongakan. Di tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Pesona alam dengan area hutan dan perbukitan yang hijau, ditambah udara sejuk yang menenangkan tentunya sangat dibutuhkan saat liburan. Pesona alam yang ditawarkan Bukit Ongakan begitu luar biasa.

Bukit Gandrung

Bukit Gandrung Tanggulasi merupakan wisata alam Kediri yang cukup baru. Tempat ini juga menawarkan pamandangan dari ketinggian dengan alam yang begitu mengesankan. Apalagi dengan adanya beberapa fasilitas untuk berfoto, kamu tentunya akan mendapatkan potret yang makin bagus.

Bukit View 138

Wisata alam Kediri berupa bukit yang selanjutnya adalah Bukit View 138. Bukit ini berada di kawasan Gunung Klotok dan juga menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Berlokasi di kawasan Hutan Mojoroto, Bukit View 138 juga menawarkan asupan untuk ketenangan dan kebahagiaamu dengan pesona panorama yang mengagumkan.

 

3 dari 5 halaman

Wisata Alam Kediri Air Terjun

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo adalah salah satu wisata alam Kediri yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Destinasi wisata di Kediri ini bakal membuat pengunjung terpesona karena kealamian alam di sekitarnya, serta udara yang sejuk dan air yang menyegarkan.

Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis, yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut.

Air Terjun Ngleyangan

Ada pula wisata air terjun Kediri yang tidak kalah menarik dikunjungi, yaitu Air Terjun Ngleyangan. Lokasinya berada di wilayah Gunung Cemorosewu, Banyakan. Untuk mencapai air terjun ini memang diperlukan usaha ekstra, namun saat kamu sampai di lokasi semua perjuanganmu akan terbayarkan.

Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah, perpaduan air terjun dan hutan tropis nan hijau yang indah, lengkap dengan nuansa natural di sekitarnya.

 

4 dari 5 halaman

Wisata Alam Kediri Pegunungan

Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu wisata alam Kediri yang sudah sangat terkenal, baik dari berita tentang aktifnya gunung ini, dan tentunya karena keindahan alamnya.

Tak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup membayar tiket masuknya seharga Rp 5 ribu di hari biasa dan Rp 10 ribu di akhir pekan. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati wisata off road di lereng Gunung Kelud menggunakan jeep adventure.

Masih di lokasi kawasan tersebut, pengunjung juga bisa menikmati Taman Durian dan Taman Agrowisata yang memiliki banyak tanaman langka yang dirawat dengan baik. Tempat tersebut disediakan sebagai tempat wisata dan juga ruang edukasi bagi para pecinta durian. 

Gunung Wilis

Kaki Gunung Wilis salah satunya berada di wilayah Kediri. Gunung berapi dengan ketinggian 2169 mdpl tersebut termasuk salah satu gunung yang menantang untuk didaki. Apalagi, saat mendaki gunung ini kamu akan disajikan keindahan alam khas pegunungan yang sangat menawan.

5 dari 5 halaman

Wisata Alam Kediri Lainnya

Goa Selomangkleng

Berada di kawasan Keluarahan Pojok, kecamatan Mojoroto, lokasi ini memiliki nuansa alam yang indah. Tempat ini bernama Goa Selomangkleng. Wisata alam Kediri ini telah banyak mengalami perkembangan dan perbaikan hingga sekarang.

Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata di Kediri ini sejak pukul 7.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiketnya pun tak dipatok sangat terjangkau. Tiket dewasa dipatok Rp 4 ribu dan kategori anak hanya Rp 2 ribu saja. Dengan harga yang murah, para pengunjung sudah bisa menikmati Goa Selomangkleng yang konon katanya adalah tempat pertapaan Putri Mahkota Raja Airlangga, Dewi Kili Suci (Sanggramawijaya Tungga Dewi).

Hutan Pinus KediriHutan Pinus Kediri yang berada di lokasi Dusun Plapar Desa Selopanggung, kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini jadi tempat yang cocok untuk kumpul bersama teman-teman maupun keluarga.

Tak hanya menawarkan keindahan pohon pinus, di tempat ini juga terdapat berbagai tempat yang menyediakan makanan dan minuman sebagai teman untuk bersantai. Memiliki pesona alam yang indah dan suasana sejuk, tempat ini bisa jadi spot foto-foto bagi pengunjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.