Sukses

Bersama Forkopimda, Khofifah Cek Penerapan Protokol Kesehatan di Gereja Surabaya

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di gereja-gereja di Kota Surabaya sudah cukup baik.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapan gereja-gereja di Surabaya, Jawa Timur menyambut Natal sudah baik dengan menerapkan protokol kesehatan.

Khofifah menyampaikan hal itu ketika bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengecek penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di gereja-gereja yang ada di Surabaya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 saat Natal 2020.

Dengan mengendarai sepeda motor, rombongan Forkopimda yang terdiri dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto juga mengecek pengamanan gereja agar perayaan Natal tahun ini berjalan lancar dan aman.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan,  penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di gereja-gereja di Kota Surabaya sudah cukup baik. Hal itu terlihat dengan telah disiapkannya tempat mencuci tangan dan alat pengukur suhu bagi jemaat yang akan masuk ke gereja.

Selain itu, untuk tempat duduk yang ada di dalam maupun yang ada di halaman gereja juga menerapkan jaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan.

"Kesiapan gereja-gereja di Surabaya menyambut Natal sudah baik, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu personel dari TNI/Polri juga berjaga untuk keamanan dan kenyamaman umat Kristiani saat Misa Natal malam nanti," ujar dia, seperti dilansir dari Antara, Kamis (24/12/2020).

Mantan Menteri Sosial itu mengungkapkan, untuk menghindari kerumunan saat Misa Natal, jemaat diimbau tidak hanya beribadah di gereja, tetapi bisa melakukan ibadah di rumah via daring.

"Pada saat Misa Natal nanti jemaat tidak semua beribadah di gereja, namun ada juga yang di rumah dengan menggunakan live streming," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibantu GP Ansor

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menambahkan, pengamanan Misa Natal tidak hanya dilakukan oleh TNI/Polri dan dari pemerintah daerah, tetapi dibantu organisasi masyarakat seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Irjen Nico juga menyatakan, penerapan protokol kesehatan di beberapa gereja sudah cukup baik.

"Penerapan protokol kesehatan di setiap gereja yang kami kunjungi juga sudah cukup baik. Terlihat gereja-gereja menyediakan tempat mencuci tangan, alat pengukur suhu dan menjaga jarak," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan pengecekan tersebut, umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan aman dan nyaman. Misa Natal juga berjalan baik dan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.