Sukses

Cerita Mahasiswa ITS Beri Kado Saham untuk Sang Kekasih Saat Wisuda

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini memberi saham sebagai mahar pernikahan sudah menjadi pilihan bagi pasangan yang menikah. Pemberian saham pun kian berkembang. Bahkan saat ini saham juga dijadikan kado.

Hal ini dilakukan salah satu mahasiswa pasca sarjana Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Rico Bayu Wiranata. Rico memberikan hadiah saham kepada sang kekasih Ayuningtyas saat wisuda.

Rico mengaku kado saham itu tidak direncanakan. Namun, ia ingin memberikan hadiah spesial dan bermakna bagi sang kekasih. Ia ingin memberikan sesuatu yang masih bernilai 5-10 tahun mendatang.

"Tidak terencana juga. Hadiah wisuda biasanya bunga, coklat. Misalkan 5-10 tahun, itu bagaimana. Kalau saham 5-10 tahun bisa makin tinggi beda dengan coklat dan bunga,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, ditulis Jumat, (25/12/2020).

Rico menceritakan, dirinya beli saham ketika pasar saham sedang koreksi. Ia memilih saham-saham berkapitalisasi besar untuk dibeli saat pasar saham Indonesia merosot karena pandemi COVID-19. Rico membeli saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) kepada sang kekasih.

"Saham BBRI buttom September 3.090, beli 12 lot atau 1.200 lembar, sekarang harganya 4.300. Nilai dari saham itu tinggi dan lebih berarti dari bunga dan coklat. Itu ide dasarnya,” ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Beri Kejutan untuk Sang Kekasih

Rico menceritakan pemberian kado saham saat wisuda sebagai kejutan untuk sang kekasih. Sebelumnya ia sempat bilang tidak dapat menghadiri wisuda online sang kekasih di rumah karena sibuk bekerja.

"Wisuda online di rumah Kediri. Saya tidak bilang-bilang dan sibuk lagi thesis. Tapi saya bikin surat konfirmasi saham dari perusahan sekuritas, print A2 dan diberi figura. Pacar saya terkejut karena tidak menyangka bakalan datang wisuda online dan dikasih saham,” kata mahasiswa Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS.

Rico juga berinisiatif mengenalkan saham kepada sang kekasih dengan mengajak ikut sekolah pasar modal (SPM) di Surabaya pada Oktober 2019. Lewat sekolah pasar modal itu, sang kekasih makin mengenal investasi saham.

Rico mengaku dirinya memberikan literasi  mengenai keuangan dan saham kepada sang kekasih sehingga dapat lebih memahami saham. Rico menuturkan, kalau sang kekasih juga antusias untuk investasi saham. Sang kekasih kuliah di jurusan keuangan tetapi baru mengetahui dasar mengenai saham dan belum berani untuk investasi.

"Saya anjurkan untuk membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Dari situ mulai nabung saham sampai sekarang,” tutur dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini