VIDEO: Belum Miliki Hasil Rapid Test Antigen, Penumpang KA di Nganjuk Kembalikan Tiket

VIDEO: Belum Miliki Hasil Rapid Test Antigen, Penumpang KA di Nganjuk Kembalikan Tiket

Hari pertama pemberlakuan syarat rapid test antigen COVID-19 sebagai syarat untuk bisa naik kereta api, dikeluhkan banyak penumpang. Banyak penumpang yang harus mengembalikan tiket kereta api, karena tak memiliki surat tes antigen. Sejumlah penumpang mengaku kecewa karena pengumuman dinilai sangat mendadak.

Hari pertama pemberlakuan syarat rapid test antigen, dikeluhkan oleh para penumpang kereta api. Salah satunya di Stasiun Nganjuk, Jawa Timur. Sejumlah penumpang kereta api mengaku tak mengetahui tentang syarat tersebut, dan masih menggunakan surat keterangan sehat dari puskesmas setempat.

Sehingga para penumpang harus mengembalikan tiket ke PT KAI. Penumpang kereta juga mengeluh, karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk rapid test antigen di rumah sakit di Nganjuk, hingga ratusan ribu rupiah. Sehingga para penumpang memilih menggagalkan perjalanannya.

Humas PT Kereta Api Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, mulai 22 Desember hingga 8 Januari 2021, PT KAI mulai memberlakukan syarat rapid test antigen. Namun, di Stasiun Nganjuk, belum menyediakan fasilitas tes antigen di area stasiun, sehingga para penumpang diminta rapid test antigen di rumah sakit terdekat.

"Sesuai dengan aturan pemerintah yaitu, harus menggunakan rapid antigen, dan untuk itu, kepada para pelanggan yang akan bepergian menggunakan kereta api jarak jauh, jarak menengah, untuk sementara ini, wilayah Daop 7 Madiun, di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri dan Blitar belum bisa untuk memenuhi layanan rapid test antigen, untuk itu kami himbau kepada para pelanggan, bisa mendapatkannya di laboratorium, rumah sakit," kata Ixfan Hendriwintoko, Humas PT KAI Daop 7 Madiun, seperti dilansir dari Liputan6, 23 Desember 2020.

Sesuai Surat Kemenhub Nomor 23 tahun 2020 tentang Petunjuk Perjalanan Transportasi Perkereta Apian. Bahwa selama masa Natal dan Tahun Baru 2021, calon penumpang kereta api jarak menengah maupun jarak jauh, diminta untuk rapid test antigen.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 26 December 2020, 17:44 WIB

Video Terkait

Spotlights