Sukses

Kaleidoskop 2020: PDIP Usung Eri Cahyadi-Armuji hingga Hasil Pilkada Surabaya

Peristiwa lainnya di Surabaya juga mencuri perhatian selama September-Desember 2020, berikut sejumlah artikel yang paling menyedot perhatian pembaca di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 tetap dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19. Di Jawa Timur, ada 19 kabupaten dan kota yang melaksanakan pilkada pada 9 Desember 2020.

Salah satunya Surabaya. Kota Pahlawan ini menjadi perhatian dalam pilkada 2020 seiring Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) sudah dua periode.  Di Kota Pahlawan, ada dua pasangan calon yang ikuti Pilkada 2020 masing-masing Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman. Nama Machfud Arifin sebelumnya sudah diusung oleh delapan partai politik antara lain PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem.

Tiga bulan jelang Pilkada, PDI Perjuangan (PDIP) baru mengumumkan nama yang diusung pada Pilkada Surabaya. PDIP mengumumkan rekomendasi secara virtual pada Rabu, 2 September 2020 untuk pasangan calon kepala daerah termasuk Surabaya.

Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani membacakan sejumlah pasangan bakal calon kepala daerah di Jatim, khususnya, Surabaya, Jawa Timur. PDIP pun merekomendasikan pasangan Eri Cahyadi-Armuji untuk maju di Pilkada Surabaya 2020.

Selain artikel mengenai pilkada, riset dari tim ITB yang mengungkap potensi gempa besar yang bisa memicu tsunami di selatan Pulau Jawa juga menyita perhatian pembaca. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memetakan ada sembilan kabupaten dan kota yang berpotensi tsunami di Jawa Timur.

Tak hanya itu, peristiwa lainnya di Surabaya juga mencuri perhatian selama September-Desember 2020, berikut sejumlah artikel yang paling menyedot perhatian pembaca di Surabaya:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

September

PDIP Beri Rekomendasi Eri Cahyadi dan Armuji Maju di Pilkada Surabaya 2020

DPP PDI Perjuangan mengumumkan rekomendasi secara virtual kepada sejumlah pasangan bakal calon kepada daerah, termasuk Jawa Timur (Jatim), khususnya Pilwali Surabaya, Rabu (2/9/2020). 

Ketua DPP PDIP bidang Politik Puan Maharani membacakan sejumlah pasangan bakal calon kepala daerah di Jatim, khususnya, Surabaya, Jawa Timur. 

"Apakah kabar Pak Kusnadi, ini ada banyak pengumuman di Jatim. Jatim harus siap ini," ujar Puan. 

"Tolong yang di Jatim semuanya berdiri. Terkait dengan Kota Surabaya, surat yang kami pegang belum kami buka dan segera bisa melakukan konsolidasi," ucap Puan. 

Berita selengkapnya baca di sini

BPBD Sebut 9 Kabupaten/Kota di Jatim Berpotensi Tsunami

Riset dari tim Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkap potensi gempa besar yang bisa memicu tsunami di selatan Pulau Jawa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur memetakan ada sembilan kabupaten/kota yang berpotensi tsunami di Jawa Timur (Jatim).

"Yang punya potensi tinggi Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, (Kabupaten, kota, red) Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. 9 kabupaten kota dan 156 desa punya potensi tinggi bencana tsunami di Jawa Timur. Paling banyak di Kabupaten Banyuwangi ada 46 desa," kata Tenaga Ahli BPBD Jatim, Suban Wahyudiono saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 25 September 2020.

Subhan mengatakan, pihaknya sudah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai potensi bencana tsunami. Pada Juli 2019, tim BPBD provinsi, BPBD kabupaten kota, BNPB pusat, relawan telah melakukan mitigasi bencana atau upaya mengurangi dampak bencana.

Berita selengkapnya baca di sini

3 dari 5 halaman

Oktober

Permintaan Maaf Kasat Sabhara Polres Blitar kepada Istri dan Masyarakat

Polemik pengunduran diri Kasat Sabhara Polres Blitar AKP Agus Hendro Tri Susetyo cukup menguras energi dan meninggal kasih yang sedikit menyentuh hati. Betapa tidak, Agus yang berniat mengundurkan diri dari tugasnya sebagai anggota Polri ini sudah meminta maaf dan siap menafkahi sang istri dengan lauk garam. 

"Untuk istri saya, saya mohon maaf, saya terpaksa mengundurkan diri. Percayalah kita masih bisa makan dengan garam, kita masih bisa makan dengan garam tapi kita mulia di hadapan Allah SWT," ujar Agus di Mapolda Jatim, Jumat, 1 Oktober 2020.

Sambil menahan haru dengan mata berkaca-kaca, Agus juga meminta istrinya tidak takut untuk menjalani hidup selanjutnya.

"Mohon maaf kalau saya agak emosi. Mohon maaf kepada istri saya, kita masih bisa makan dengan garam, kenapa kita harus takut," ucapnya.

Berita selengkapnya baca di sini

Saat Crazy Rich Surabaya Melvin Tenggara Nongkrong di Warung Soto

Video viral beredar di media sosial instagram, twitter dan TikTok tentang video singkat seorang selebgram wanita tengah nongkrong bersama teman-temannya di mal mewah. Sosok selebgram wanita tersebut bernama Denise Chariesta.

Denise merupakan seorang selebgram dan pengusaha bunga, yang dalam videonya ia mengaku kaya dan sering nongkrong di mal mewah. "Aku mau kasih tahu, kalau kami nongkrong di mal mewah. Kalau kalian di mana? Pinggiran ya?" ungkapnya, dikutip dalam video tersebut.

Warganet dan berbagai publik figur pun ikut berkomentar soal video yang tengah viral tersebut. Salah satunya Melvin Tenggara, yang juga salah satu crazy rich Surabaya. 

Berita selengkapnya baca di sini

4 dari 5 halaman

November

Tempe dan Telur Dadar Racikan Setiono Beri Asa di Tengah Pandemi COVID-19

Puluhan warga baik perempuan maupun laki-laki, tua, muda, kecil hingga balita nampak sumringah dan bersemangat menyambut kedatangan seseorang di kawasan Jalan Kedungsari, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah menunggu kurang lebih setengah jam atau lebih tepatnya sekitar pukul 11.00 WIB, datang seorang pemuda menggunakan sepeda motor sambil membawa dirigen berwarna merah yang kurang lebih berukuran 10 liter dan berisi air.

Semenit kemudian, datang sepeda motor beroda tiga yang di dalamnya membawa menu makanan seperti nasi putih, tempe, telur dadar, sayur lodeh berisi usus ayam, kerupuk serta air minum kemasan.

Berita selengkapnya baca di sini

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto Meninggal Setelah Tiga Hari Berjuang Lawan COVID-19

Kabar duka menyelimuti Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Bupati Situbondo Dadang Wigiarto tutup usia karena COVID-19 pada Kamis sore, 26 November 2020 setelah dirawat selama tiga hari.

Dadang dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa, 24 November 2020 dan dirawat di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo. Demikian mengutip Antara, ditulis Jumat, 27 November 2020.

“Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya di Ruang Wijaya Kusuma RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo sekitar pukul 16.30 WIB. Oleh karena itu, mohon sambung doa dari masyarakat Situbondo, semoga almarhum husnul khotimah,” ujar Pengasuh Ponpes Mabaul Hikam, KH Zaky Abdullah.

Berita selengkapnya baca di sini

5 dari 5 halaman

Desember

Melihat Hasil Hitung Cepat Pilkada Surabaya

Pelaksanaan pencoblosan suara dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Surabaya, Jawa Timur sudah berlangsung pada 9 Desember 2020. Sejumlah lembaga pun sudah merilis hasil hitung cepat pilkada Surabaya, lalu bagaimana hasilnya?

Pada Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon antara lain Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman. Pasangan calon nomor urut satu Eri Cahyadi-Armuji diusung PDIP dan PSI, serta enam partai politik nonparlemen antara lain Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Pasangan calon nomor urut dua yaitu Machfud Arifin dan Mujiaman diusung delapan partai politik. Delapan partai itu antara lain PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demorkat, dan Partai Nasdem. Lalu didukung partai nonparlemen Partai Perindo.

Berita selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.