VIDEO: Pelajar SMA Gresik Sabet Penghargaan Berkat Ekstrak Daun Mimba untuk Potensi Obat Anti Virus COVID-19

VIDEO: Pelajar SMA Gresik Sabet Penghargaan Berkat Ekstrak Daun Mimba untuk Potensi Obat Anti Virus COVID-19

Dua siswi SMA di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menemukan proyeksi obat COVID-19 dari daun pohon mimba. Meski masih tahap awal, penelitian ini meraih medali silver di ajang World Innovative Science Project Olympiade, yang diikuti pelajar dari 16 negara.

Kedua siswi itu adalah Yoraisa Ghany Setyawan, dan Salsabila Meutia, murid SMA Muhammadiyah 10 GKB, atau dikenal dengan nama SMAMIO Gresik, Jawa Timur.

Dua siswi Kelas XI ini, meneliti daun mimba yang banyak tumbuh di sekitar sekolah mereka. Siapa sangka, tanaman yang biasa dijadikan pakan ternak kambing itu, ternyata berpotensi untuk obat COVID-19.

Penelitian dilakukan dengan mengolah daun mimba. Daun mimba dicuci bersih, dikeringkan dan diblender. Kemudian dicampur ethanol, agar muncul ekstrak daun mimba. Dari beberapa jurnal ilmiah yang menjadi referensi Yoraisa, daun yang biasa jadi pakan ternak ini mengandung senyawa gedunin dan memiliki aktivitas antivirus.

Dalam penelitian awal ini, diketahui interaksi senyawa gedunin daun mimba menjadi kunci siklus hidup virus corona. Hal itu menunjukkan senyawa gedunin daun mimba dapat menghambat pertumbuhan virus corona dalam tubuh manusia.

Penemuan dua siswi SMA Kelas XI ini pun, meraih medali silver di ajang World Innovative Science Project Olympiade, beberapa waktu lalu yang diikuti pelajar dari 16 negara secara daring. Melihat peluang dan manfaat yang besar, pihak sekolah akan mematenkan penemuan ekstrak daun mimba.

"Kami ingin setelah ini akan mengembangkan lebih lanjut, terkait dengan produk tersebut, bila perlu, nanti kami akan memproduksi atau mematenkan di HAKI, hak intelektual dari anak-anak ," ujar Hari Widianto, Kepala SMAM 10 Gresik, dilansir dari tayangan Liputan6, 25 Desember 2020.

Ekstrak daun mimba sebagai potensi obat COVID-19 ini, akan diteliti lebih lanjut dan kajian ilmiah. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan difinalisasi dengan bentuk obat berupa kapsul.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 December 2020, 19:09 WIB

Video Terkait

Spotlights