Sukses

Banyuwangi Berduka, Sumitro Hadi Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Seniman Banyuwangi, Sumitro Hadi, meninggal akibat Covid-19

Liputan6.com, Surabaya - Seniman Banyuwangi, Sumitro Hadi, meninggal akibat Covid-19. Ia sempat dirawat di RSUD Blambangan Banyuwangi.

Sumitro Hadi adalah seniman yang juga dikenal sebagai koreografer Festival Gandrung Sewu Banyuwangi

Sumitro Hadi telah berkiprah di dunia seni sejak 1968. Pada 1974, ia menciptakan tari Jejer Gandrung. Tarian ini kerap ditampilkan saat penyambutan tamu, bahkan Bahkan Jejer Gandrung telah menjadi muatan lokal wajib di sekolah.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan ucapan dukacita.

“Kreasi tari Pak Mitro telah mewarnai seni di Banyuwangi dan berhasil mengangkat derajat kesenian Banyuwangi. Semoga almarhum diterima segala amal kebaikannya dan diampuni segala kesalahannya oleh Allah SWT," ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (27/12/2020).

Ia menilai Sumitro sebagai seniman yang getol mengangkat derajat kesenian Banyuwangi. Koreografer dan Pimpinan Sanggar Tari Jingga Putih Rogojampi itu sangat berperan mendorong kemajuan seni tari kreasi tradisional di Banyuwangi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.