Sukses

KLB Demokrat Putuskan Moeldoko Jadi Ketua Umum

VIDEO: Libur Akhir Tahun, Pengunjung Tempat Wisata di Jatim Wajib Bawa Hasil Negatif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Seiring datangnya Libur Natal 2020, dan Tahun Baru 2021, seluruh pengunjung tempat wisata, hotel, maupun penginapan, di seluruh Jawa Timur (Jatim) harus negatif COVID-19, dengan bukti hasil rapid test.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jatim akan menggratiskan rapid test bagi sopir, dan kernet bus, serta truk saat menyeberang ke Pulau Bali.

Pernyataan tersebut disampaikan Khofifah Indar Parawansa, di sela-sela acara ekspor domba dari Jawa Timur, menuju Brunei Darussalam. Gubernur Jawa Timur mengatakan, seluruh hotel, penginapan, dan tempat wisata yang berada di zona merah, hanya diperbolehkan menerima kunjungan wisatawan, 25 persen dari kapasitas yang ada. Sedang di zona oranye, 50 persen dari kapasitas normal. 

Sedangkan bagi wisatawan yang hendak menginap di hotel, maupun bepergian ke tempat wisata di seluruh Jawa Timur, wajib membawa hasil rapid test negatif.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur hanya menggratiskan biaya rapid test, bagi seluruh sopir, dan kernet bus penumpang, serta truk muatan yang memiliki rute perjalanan dari seluruh Jawa Timur ke Pulau Bali. Hal itu sebagai respon atas aturan yang diberlakukan Pemprov Bali, jelang libur panjang, Natal 2020, dan Tahun Baru 2021.

"Tidak diperkenankan melakukan pesta pergantian tahun, dan setiap hotel atau tempat wisata yang punya rekreasi air, atau kolam renang tidak dibenarkan untuk dibuka, setiap pengunjung hotel dan tempat rekreasi, maka diwajibkan mereka harus punya bukti, sudah dilakukan rapid test,” tegas Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, seperti dilansir dari Fokus, 23 Desember 2020.

Khofifah juga melarang keras mengadakan pesta, atau kegiatan malam tahun baru. Selain larangan pesta malam tahun baru, Gubernur Jatim  juga melarang pengelola wisata air, untuk beroperasi selama musim libur panjang Natal dan Tahun Baru.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.