Sukses

Tambahan Piranti Baru di RSUD dr Soetomo untuk Penanganan Pasien Covid-19

Liputan6.com, Surabaya- RSUD dr Soetomo Surabaya mendapatkan dua alat terapi oksigen beraliran tinggi atau High Flow Nasal Cannula (HFNC). Alat yang diterima RSUD dr Soetomo Surabaya ini merupakan donasi dari Djarum Foundation.

Piranti ini merupakan alat bantu pernafasan. Untuk menangani pasien Covid-19, rumah sakit membutuhkan empat tipe piranti, yakni, mask nasal, HFNC, noninfasif ventilator, dan infasif ventilator.

“Dengan penggunaan HFNC itu bisa membantu untuk menunda atau jangan sampai pasien tersebut jatuh ke ventilator yang infasif," ujar Kepala Humas RSUD dr Soetomo Pesta Parulian, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (30/12/2020).

HFNC merupakan alat bantu pernafasan yang penggunaannya sederhana, noninfasif, dan tidak terlalu memakan tempat karena bisa digunakan baik mode hand carrie ataupun mode station.HFNC mampu menyetok oksigen sebanyak 60 liter per menit, dengan fraksi oksigen 100 persen.

Ia menerangkan, jika gagal dengan HFNC, maka akan naik ke noninfasif ventilator, dan kalau itu gagal baru naik ke ventilator yang infasif.

“Jadi harapannya dengan HFNC saja pasien Covid-19 sudah bisa teratasi," ucapnya.

Penggunaan HFNC sangat dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19 yang mengalami happy hipoksia (gejala kekurangan oksigen tubuh). RSUD dr Soetomo sudah lama menggunakan alat ini sekalipun jumlahnya terbatas, tidak lebih dari 20 unit.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: