Sukses

7 Oleh-Oleh Khas Bojonegoro Jawa Timur yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Bojonegoro ini terdiri dari berbagai makanan yang unik serta batik khas.

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh khas Bojonegoro wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung ke daerah ini. Selain menikmati tempat wisata yang ditawarkan hingga mencoba kuliner Bojonegoro, kamu tentunya juga harus membawa pulang oleh-oleh khas yang menarik.

Oleh-oleh khas Bojonegoro ini terdiri dari berbagai makanan yang unik serta batik khas. Salah satu oleh-oleh sekaligus makanan khas Bojonegoro yang sudah terkenal adalah Ledre. Kue yang berbentuk stick roll ini menjadi oleh-oleh wajib bagi wisatawan.

Oleh-oleh khas Bojonegoro menawarkan keunikan tersendiri. Meski memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun cita rasa yang ditawarkannya membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bojonegoro, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh yang menarik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/12/2020) tentang oleh-oleh khas Bojonegoro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ledre dan Ender Ender

Ledre

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, oleh-oleh khas Bojonegoro yang pertama adalah Ledre. Ledre adalah salah satu makanan khas Bojonegoro yang cukup populer. Tidak hanya terkenal, makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro.

Selain rasanya yang enak dan gurih, ledre juga mempuyai rasa yang manis. Bahan untuk pembuatan ledre ini cukup mudah didapatkan yaitu tepung terigu, tepung beras, gula dan pisang raja yang menjadi sumber aroma dari ledre. Meskipun bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, namun rasa yang dihasilkan sangat lezat.

Ender Ender

Oleh-oleh khas Bojonegoro selanjutnya adalah Ender Ender. Makanan yang berbentuk lebar dan terbuat dari bahan baku ubi jalar ini memiliki cita rasa manis, dijamin bakal menggugah selera para penikmatnya.

Ender ender merupakan salah satu makanan khas Bojonegoro yang menjadi favorit banyak orang, layaknya Ledre. Jadi, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bojonegoro jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini.

3 dari 4 halaman

Keripik Tempe dan Keripik Jahe

Keripik Tempe

Keripik Tempe juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh khas Bojonegoro. Keripik Tempe khas Bojonegoro tentunya memiliki keunikan tersendiri, rasanya sangat gurih dan teksturnya sangat renyah. Saat digigit kamu akan menemukan cita rasa yang menggoyang lidah.

Keripik tempe Bojonegoro ini merupakan keripik yang tipis gurih dengan balutan tepung, dan tentunya sangat cocok kamu beli untuk oleh-oleh. Jadi jangan sampai kamu melewatkannya.

Keripik Jahe

Keripik tempe mungkin sudah sering kamu dengar, namun Bojonegoro juga punya keripik lainnya, yaitu Keripik Jahe. Oleh-oleh khas Bojonegoro keripik jahe ini tentunya wajib kamu coba. Terbuat dari jahe pilihan, keripik yang satu ini punya rasa yang manis dan sedikit pedas. Kamu akan merasakan sensasi hangat ketika memakannya. Keripik Jahe ini bisa jadi camilan sehat untuk oleh-oleh kerabat di rumah. Rasa dan renyahnya keripik jahe bisa menjadi teman ngemil yang nikmat.

4 dari 4 halaman

Balung Kuwuk, Unthuk Yuyu, dan Batik Jonegoroan

Balung Kuwuk

Oleh-oleh khas Bojonegoro yang selanjutnya adalah Balung Kuwuk. Makanan khas Bojonegoro yang terbuat dari ketela pohon ini bisa dijadikan camilan yang tepat saat kamu bersanti di rumah bersama keluarga.

Kebun ketela pohon dan penumpukan hasil panen ketela pohon yang kerap kali terjadi di Bojonegoro membuat Balung Kuwuk makin banyak dibuat dan digemari. Apalagi, keripik ketela pohon ini juga awet, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Unthuk Yuyu

Panganan ringan khas pedesaan yang dimiliki oleh daerah-daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu Unthuk Yuyu juga bisa menjadi oleh-oleh khas Bojonegoro yang kamu bawa. Selain nikmat dikonsumsi bersama-sama keluarga di rumah, kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau.

Batik Jonegoroan

Batik Jonegoroan merupakan batik khas Bojonegoro yang sangat unik. Batik ini memiliki beberapa motif yang unik, yang tentunya tidak bisa kamu temukan di batik-batik lainnya. Selain itu, warnanya yang lembut dan sistem produksinya yang ramah lingkungan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Walaupun terbilang baru, batik Bojonegoro bisa kamu jadikan oleh-oleh. Dinamakan Batik Jonegoroan oleh masyarakatnya, batik ini merupakan ciri dari kabuparen Bojonegoro yang disebut Jonegoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.