VIDEO: Pasian COVID-19 Melonjak, Dua RS Rujukan di Ngawi Penuh

VIDEO: Pasian COVID-19 Melonjak, Dua RS Rujukan di Ngawi Penuh

Kenaikan jumlah pasien COVID-19 terjadi di sejumlah daerah di Jawa Timur. Di RSUD Nganjuk, pasien yang dirawat di tenda darurat terus bertambah.

Sementara di Ngawi, naiknya jumlah pasien COVID-19di dua rumah sakit rujukan, memaksa pihak rumah sakit merujuk pasien dengan gejala berat ke Madiun, dan Solo, Jawa Tengah.

Hingga Senin pagi, jumlah pasien yang dirawat di tenda darurat halaman RSUD Nganjuk ada sembilan orang dengan status suspect COVID-19. Bertambah satu orang, dibanding sehari sebelumnya. Kapasitas tenda darurat disediakan 15 tempat tidur.

Tenda darurat ini terpaksa didirikan, sebab kapasitas ruang perawatan COVID-19 sudah penuh. Kondisi perawatan di tenda darurat, dikhawatirkan keluarga pasien, sebab bisa saja pasien yang sebelumnya negatif, bisa positif COVID-19.

Sementara itu di Ngawi, dua rumah sakit rujukan COVID-19 kewalahan melayani meningkatnya jumlah penderita COVID-19. Di Rumah Sakit Widodo, ruang IGD digunakan menampung pasien suspect COVID-19. Sementara pelayanan IGD dialihkan ke ruang poli rawat jalan.

Kondisi serupa terjadi di RSUD Dr Soeroto, 52 tempat tidur di ruang isolasi Covid-19, penuh. Saat ini, rumah sakit hanya merawat pasien bergejala ringan dan sedang. Sementara pasien bergejala berat di dua rumah sakit itu, dirujuk ke Madiun, dan Solo, Jawa Tengah.

"Gawat darurat kita pindahkan ke poli untuk pasien-pasien yang memang perlu penanganan segera, sementara pasien-pasien suspect covid, kita layani dulu di IGD kita tutup, kurang lebih dalam 3 jam ke depan akan kita geser ke ruang transit sementara untuk suspect covid yang ada di ruang belakang, menampung kurang lebih 10 pasien, ini masih kita siapkan peralatannya, kemudian dalam 3 sampai 4 jam, UGD akan kita sterilkan bisa digunakan lagi," ujar dr. Indah Pitarti, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Dr Soeroto Ngawi, seperti dilansir dari tayangan Fokus, 29 Desember 2020.

Hingga Senin pagi, di Kabupaten Ngawi, sudah ada 566 kasus positif COVID-19. 141 dirawat, 395 sembuh, dan 30 meninggal dunia.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 01 January 2021, 07:59 WIB

Video Terkait

Spotlights