Sukses

Menyongsong 2021 dengan Doa Awal Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Momen pergantian tahun baru merupakan waktu yang baik untuk melakukan muhasabah dan merenung agar tahun depan bisa lebih baik dari tahun sekarang. Seperti di ketahui, dunia tengah menghadapi cobaan besar pada 2020, yaitu adanya pandemi COVID-19.

Selain melakukan introspeksi diri, mengawali tahun dengan berdoa adalah salah satu hal baik untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, pada awal tahun 2021 ini, alangkah baiknya jika diisi dengan doa agar sepanjang tahun mendatang dipenuhi dengan berkah dan kebahagiaan.

Dengan semangat dan harapan baru, mari kita songsong tahun baru 2021 dengan penuh kebaikan, menyimpan hal-hal buruk dalam kenangan dan mengambilnya kembali sebagai bahan perenungan di masa datang.

Tujuannya agar pada tahun mendatang kita tidak masuk pada kesalahan yang sama. Semoga segala harapan baik bisa terwujud dengan sempurna, dari jauh mara bahaya sekaligus mendapat berkah melimpah.

Nabi Muhammad SAW senantiasa memanjatkan doa untuk mengawali tahun baru. Mengutip dari kitab Maslakul Akhyar karya Sayid Utsman bin Yahya, berikut lafal doa awal tahun bagi umat Islam.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Awal Tahun 2021

Bacaan doa awal tahun yang senantiasa dibaca oleh Nabi Muhammad SAW saat memasuki tahun baru.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Cara membacanya:

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal.

As’alukal ‘ishmata fihi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’i, wal isytighala bima yuqarribunî ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, Kau lah yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa awal tahun 2021 ini sebaiknya dibaca sebanyak tiga kali pada hari pertama tahun baru. Semoga dengan doa ini, segala kebaikan senantiasa menyertai kita semua.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini