VIDEO: Polisi Gerebek Rumah Produksi Bom Ikan di Bangkalan

VIDEO: Polisi Gerebek Rumah Produksi Bom Ikan di Bangkalan

Sebuah rumah yang digunakan untuk memproduksi bom ikan di kawasan Socah, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, digerebek petugas gabungan dari Korpolairud Baharkam Mabes Polri, dan Ditpolairud Polda Jatim. Hasilnya, 2.400 kilogram bahan peledak disita petugas.

Rumah milik MB (43) di Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, yang digunakan untuk pembuatan bom ikan, atau bondet, digerebek petugas gabungan dari Korpolairud Baharkam Mabes Polri dan Ditpolairud Polda Jawa Timur.

Petugas menyita 2.400 kilogram bahan peledak, sebagai bahan baku pembuatan bom ikan seperti potasium chlorate, potasium nitrate, belerang, serta sumbu peledak. Petugas juga menemukan satu poket sabu-sabu, yang diduga dikonsumsi pelaku saat membuat bom ikan. Demikian dilansir Liputan6, 30 Desember 2020.

Tersangka MB, mengaku menjual bom ikan atau bondet kepada nelayan di Jawa Timur, hingga ke Makassar, Sulawesi Selatan. Pengungkapan kasus ini, berawal dari laporan masyarakat ada rumah yang digunakan memproduksi bom ikan. Setelah ditelusuri pelaku MB mendapat bahan untuk membuat bom ikan, dari kawasan Margomulyo Surabaya.

Dengan pengungkapan rumah produksi bondet ini, petugas telah menyelamatkan laut Indonesia dari bahaya bom ikan, yang dapat merusak terumbu karang, serta spesies ikan maupun biota laut lainnya.

Satu bom ikan memiliki daya ledak hingga mencapai radius 50 meter persegi. Pelaku dijerat dengan pasal berlapis dengan kepemilikan bahan peledak dan narkoba dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 January 2021, 09:12 WIB

Video Terkait

Spotlights