Sukses

Sah, Din Syamsuddin Resmi Nikahi Cucu Pendiri Ponpes Gontor Rashda Diana

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015 Din Syamsuddin secara sah dan resmi menikahi cucu pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor, Rashda Diana, sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (3/1/2021).

"Benar," ujar Kepala Desa (Kades) Gontor, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Agung Prihandoko kepada Liputan6.com melalui telepon seluler.

Agung mengatakan, dirinya hanya sebatas untuk pemberkasan dokumen. Sementara itu, mempelai putri (Rashda Diana) yang mengajukan permohonan surat pengajuan perkawinan dengan Din Syamsuddin.

"Secara keberkasan sudah lengkap dan sudah kita limpahkan ke KUA dan lebih lanjut sudah diproses oleh KUA Kecamatan Mlarak," ujar dia.

 

Agung juga mengaku kalau untuk proses akad nikah, dia tidak bisa mengikuti karena terbatas untuk keluarga kedua mempelai.

Dikonfirmasi berapa lama pengajuan perkawinan Rashda Diana dengan Din Syamsuddin, Agung menyampaikan sekitar pekan lalu pada Senin atau Selasa. "Kurang lebih satu minggu sebelum hari-H," ujar dia.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Kendala

Agung mengungkapkan tidak ada kendala dalam waktu pengajuan perkawinan. "Kemarin juga sudah selesai dengan ketentuan yang berlaku dan sudah diklarifikasi sama Kepala KUA Kecamatan Mlarak dan sudah dilaksanakan," ucapnya.

Agung menegaskan, jika akad nikah digelar sesuai jadwal Minggu pagi, 3 Januari 2021 pukul 09.00 WIB, Din Syamsuddin sah menikahi Rashda Diana.

"Akad nikah hari ini, tadi pagi sekitar Pukul 09.00 WIB. Insya Allah sudah sah kalau memang sudah berjalan. Soalnya informasinya memang tanggal 3 Januari 2021, sekitar pukul 09.00 WIB. Dan kalau memang sudah sesuai dengan jadwal yang direncanakan maka sudah sah," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Kabar Bahagia Disampaikan Aktivitas Angkatan Muda Muhammadiyah

Selain itu, Aktivis Angkatan Muda Muhammadiyah, Ma’mun Murod juga menyampaikan kabar bahagia tersebut melalui akun twitternya @mamunmurod_. Akan tetapi, ia meluruskan informasi kalau pernikahan Din Syamsuddin dilangsungkan pada Minggu pagi 3 Januari 2021. Sebelumnya Ma'mun menulis soal pernikahan Din Syamsuddin dilakukan pada Sabtu, 2 Januari 2021.

“Salah info kemarin. Saya mengira kemarin Minggu. Menikah pagi ini (Minggu, 3 Januari 2021-red). Di Gontor jam 9 pagi,” ujar Ma’mun saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, acara pernikahan juga akan berlangsung sederhana karena pandemi COVID-19 yang masih terjadi. “Tidak banyak orang. Dari Jakarta 15 orang,” kata dia.

Ia pun mengucapkan selamat atas pernikahan Din Syamsuddin dengan Dr Rashda.”Selamat. Tentu harapan Pak Din Samara (Sakinah, mawadah, dan wa rahmah-red). Ibu Rashda jadi teman hidup dan berjuang bersama pak Din,” kata dia.

Ma’mun mengatakan, pasangan tersebut berasal dari keluarga aktivis sehingga diharapkan dapat saling mendukung dan berjuang bersama. Dr Rashda Diana dikabarkan cucu pendiri Pondok Modern Gontor Imam Zarkasyi.

"Iya (cucu pendiri pesantren Gontor Imam Zarkasyi," ujar Ma'mun.

Setelah menggelar acara pernikahan, Din Syamsuddin akan bersilaturahmi ke Yogyakarta. “Siang nanti akan silaturahmi ke Yogyakarta,” kata dia.

Sebelumnya beredar pesan di layanan aplikasi percakapan pada Sabtu, 2 Januari 2021, Akad nikah Din Syamsuddin dengan cucu Imam Zarkasi (pendiri pesantren Gontor), Sabtu 3 Januari 2021 jam 09.00 WIB di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo.

Din Syamsuddin pernah menikah dengan Hj Fira Beranata pada 2 Februari 1986-2010. Fira Beranata tutup usia pada Juli 2010. Kemudian Din Syamsuddin menikah dengan Novalinda Nonafrianty pada Maret 2011. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini