Sukses

7 Wisata Alam Lamongan Memesona, dari Pantai sampai Gua

Lamongan punya daya tarik wisata yang eksotis.

Liputan6.com, Jakarta Lamongan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beragam destinasi menarik. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila. Lamongan menawarkan destinasi wisata seperti wisata alam, religi, dan sejarah.

Salah satu jenis wisata yang bisa dinikmati di daerah ini adalah wisata alam. Destinasi wisata alam Lamongan cukup beragam mulai dari pantai, gua, hingga waduk. Wisata alam di Lamongan juga sudah dikelola dengan baik.

Wisata alam di Lamongan juga terbilang mudah dijangkau. Berikut 7 wisata alam di Lamongan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Gua Maharani

Gua Maharani merupakan salah satu destinasi wisata alam di Lamongan yang sangat populer. Gua Maharani berada jadi satu dengan Maharani Zoo and Cave. Gua Maharani dianggap sebagai salah satu keajaiban perut bumi karena memiliki stalaktit dan stalakmit yang masih aktif. Gua ini terletak di kedalaman 25 meter di bawah permukaan tanah.

Pengunjung dapat menikmati keindahan ornamen stalaktit dan stalagmit yang diberi nama sesuai bentuknya. Di sini pengunjung juga bisa menyusuri kedalaman gua di atas rute trekking yang aman dan nyaman sepanjang 350 meter.

3 dari 8 halaman

Pemandian Air Panas Brumbung

Pemandian Air Panas Brumbung berlokasi di Sidodadi, Kranji, Paciran, Lamongan. Konon, pemandian ini sudah ada sejak zaman para wali. Masyarakat percaya bahwa pemandian ini dulunya digunakan oleh Sunan Drajat untuk berdiam diri. Masyarakat juga percaya air dari pemandian ini bisa menyembuhkan segala macam penyakit

Lokasi di pemandian ini masih tergolong asri. Dari Pemandian Air Panas Brumbung pengunjung bisa bersantai dan menikmati hangat dan asrinya alam sekitar.

4 dari 8 halaman

Bukit Kapur Tlogo Sadang

Bukit Kapur Tlogo Sadang dulunya merupakan tempat penggalian batu kapur. Seiring berjalannya waktu, Bukit ini menjadi tempat yang indah dengan telaga di tengah-tengahnya.

Bukit Kapur Tlogo Sadang menjadi salah satu destinasi wisata di Lamongan yang cukup populer belakangan ini. Batuan kapur yang menjulang membuat lokasi ini sangat eksotis dan memanjakan mata.

5 dari 8 halaman

Waduk Gondang

Waduk Gondang merupakan salah satu wisata andalan di Lamongan. Waduk Gondang dimanfaatkan untuk pengairan sawah di Kabupaten Lamongan. Luasnya waduk serta sejumlah wahana wisata yang tersedia menjadi daya tarik dari waduk ini.

Waduk Gondang ini hanya berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Lamongan. Waduk gondang juga berdekatan dengan situs bersejarah makam Dewi Sekardadu yang juga menjadi destinasi wisata. Dewi Sekardadu, merupakan ibu dari Jaka Samudra atau Sunan Giri.

6 dari 8 halaman

Pantai Kutang

Pantai Kutang merupakan salah satu bukti indahnya wisata bahari di Lamongan. Pantai yang berada di Desa Labuhan Kecamatan Brondong ini harus kamu tempuh dengan menempuh jalan setapak yang cukup terjal selama 30 – 45 menit dari desa Labuhan.

Pantai Kutang ini mempunyai hamparan pasir berwarna putih yang kontras dengan air laut dan langit biru. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati debur ombak yang menyatu dengan angin sepoi-sepoi. Fasilitas di pantai Kutang juga tergolong lengkap. Ada juga berbagai wahana seperti ayunan dan jembatan kayu untuk berfoto.

7 dari 8 halaman

Pantai Lorena

Pantai Lorena berada di Jalan Raya Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Nama Lorena ternyata diambil dari singkatan bahasa Jawa, yaitu “LORE Nanjan” yang mempunyai arti sebelah utara dari desa Penanjan.

Pantai Lorena memiliki bentuk pantai seperti laguna. Saat air sedang surut, pengunjung bisa menyaksikan indahnya hamparan terumbu karang yang sudah berusia ratusan tahun.

8 dari 8 halaman

Pantai Maldives Kemantren

Pantai Maldives Kemantren berada di pesisir utara Pulau Jawa, yaitu di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya gubuk yang beratapkan dedaunan kering. Gubuk-gubuk ini dibangun di sepanjang pesisir pantai hingga di atas air.

Di pantai ini juga terdapat jembatan yang dibuat untuk menghubungkan antara satu gubug dengan gubug-gubug lainnya. Di pantai ini pengunjung bisa merasakan liburan seperti di kepulauan Maldives.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.