Sukses

Bupati Bangkalan Abdul Latif Swab Tes Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

Ra Latif sapaan akrab bupati mengatakan, swab test juga sebagai wujud keseriusan Pemkab Bangkalan dalam memutus rantai penyebaran virus berbahaya itu.

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menjalani swab test di Pendapa Agung Kabupaten Bangkalan.

"Swab tes ini untuk memastikan masing-masing dari kami tidak terpapar Covid-19," ujar Abdul Latif di Madura seperti dikutip timesindonesia, Kamis (7/1/2021).

Dia menyatakan, Forkopimda Kabupaten Bangkakan sempat kontak langsung dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang saat ini menjalani isolasi madiri karena terpapar Covid-19.

 "Kami bertemu beliau saat meninjau pos pelayanan di Jembatan Suramadu pada malam pergantian tahun baru," imbuhnya.

Ra Latif sapaan akrab bupati mengatakan, swab test juga sebagai wujud keseriusan Pemkab Bangkalan dalam memutus rantai penyebaran virus berbahaya itu.

"Hasil swab tes akan diumumkan besok. Jika ada yang terpapar, minimal kami sudah melakukan pencegahan sejak dini," tuturnya.

Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto menambahkan, swab tes ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Jika hasilnya ada yang positif bisa diantisipasi sedini mungkin agar tidak sampai menular ke yang lain dengan melakukan isolasi," terangnya.

Didik meminta kesadaran masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah supaya menjalani isolasi di ruangan yang sudah disiapkan pemerintah daerah. Tujuannya, agar anggota keluarga tidak ikut terpapar Covid-19.

"Kami berkomitmen untuk berupaya semaksimal dalam menangani penyebaran Covid-19," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebaran Covid-19 Masif

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupapaten Bangkalan Sudiya mengungkapkan, kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan sangat masif.

"Satgas Covid-19 Kabupaten Bangkalan perlu menyiapkan langkah-langkah antisipasi," ujarnya.

Sudiyo mengutarakan, pihaknya terus memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan mulai dari memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kerumunan-kerumunan menjadi salah satu faktor penyebaran Covid-19. Jadi, mematuhi protokol kesehatan adalah kunci mencegah penularan," ungkapnya usai melakukan swab test terhadap Bupati Bangkakan dan jajaran Forkopimda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.