Sukses

Bandara Juanda Targetkan 11 Juta Penumpang di Tahun 2021

Bandara Juanda secara konsisten telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, menargetkan bisa melayani sebanyak 11,8 juta penumpang pada 2021, naik dari 2020 yang melayani sebanyak 6,8 juta penumpang.

PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty, mengatakan target itu sejalan dengan kenaikan jumlah pergerakan pesawat yang diperkirakan akan mencapai 94.876 pergerakan pada 2021.

"Kemudian untuk kargo juga diperkirakan akan mencapai 63 juta kilogram di tahun 2021," katanya di Sidoarjo, Sabut, 9 Januari 2021.

Ia meyakini bahwa kinerja tahun ini akan meningkat kembali, mengingat bahwa pemerintah segera akan mengeluarkan vaksin COVID-19 untuk masyarakat, dilansir dari Antara.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memenuhi semua persyaratan untuk berpergian ataupun datang di Bandar Udara Internasional Juanda," ucapnya.

Ia mengatakan saat ini Bandara Juanda secara konsisten telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan.

"Kami berharap kepercayaan pengguna jasa semakin meningkat seiring dengan peningkatan protokol kesehatan yang terus kami lakukan," ujarnya.

Pihaknya mencatat selama libur Natal dan tahun baru sejak 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 tersebut, Bandara Juanda telah melayani sejumlah 340.450 penumpang dan 3.945 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk jumlah kargo sebesar 3.601.640 kilogram.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penumpak Naik

Menurut Indah, selama periode libur natal dan tahun baru ini terjadi kenaikan jumlah penumpang jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Pada libur Natal dan tahun baru jumlah penumpang harian tertinggi mencapai 25 ribu penumpang pada tanggal 23 Desember 2020 dan 262 pergerakan pesawat pada tanggal 3 Januari 2021. Sedangkan pada hari-hari sebelumnya jumlah penumpang harian tertinggi hanya mencapai 20 ribu dan 180 pergerakan pesawat," ujarnya.

Indah menambahkan pada periode libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 ini beberapa maskapai juga mengajukan penerbangan tambahan.

"Total realisasi penerbangan tambahan dari Bandara Juanda sebanyak 155 penerbangan yaitu 88 arrival flight dan 67 departure flight. Maskapai yang mengajukan adalah Airasia sejumlah 99 penerbangan, Cililink (36), Lion Air (17), Batik Air (2) dan Garuda Indonesia (1). Tujuan terbanyak pada ekstra flight ini masih Jakarta. Sedangkan untuk tujuan lainnya yaitu Makasar, Denpasar, Lombok, Balikpapan dan Bandung," ujarnya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak atas dukungan dan kerjasama semua pihak termasuk diantaranya Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Lanudal Juanda, Perum LPPNPI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Airlines dan Ground Handling yang telah mendukung kelancaran arus pesawat dan penumpang pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Sehingga kami dapat mempertahankan kinerja operasional bandara dengan catatan zero accident sepanjang 2020 dengan tetap mematuhi dengan program 3S + 1C (Safety, Security, Services dan Compliance) dan protokol kesehatan COVID-19," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.