Sukses

Pertama Kali, RSLI Surabaya Adakan Donor Plasma Konvelesen Secara Massal

Liputan6.com, Surabaya- Alumni Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya bersama-sama mendonorkan plasma darah konvalesen. Aksi donaar massal plasma darah konvalesen ini diinisiasi Manajemen Rumah Sakit Kogabwilhan II Surabaya, Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen, Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC-RSLI), dan Ikatan Alumni Covid-19 RSLI Surabaya, Sabtu (9/1/2021).

Kegiatan ini merupakan donor massal pertama dan rencananya digelar berkala setiap Sabtu. Lebih dari 36 penyintas Covid-19 hadir di RSLI Surabaya.

Sebanyak 12 orang berhasil memenuhi kriteria untuk ke tahap screening pendonor plasma darah konvalesen dan pengambilan spesimen darah.

Proses pengambilan sampel darah dilakukan oleh tujuh personel tenaga kesehatan dari UTD PMI Kota Surabaya, Jika memenuhi kriteria, maka dalam dua hari calon pendonor dihubungi PMI dan melakukan donor darah konvalesen di UTD PMI.

Sementara, bagi yang tidak lolos sejak awal maupun pasca screening, masih bisa berpeluang untuk menjadi pendonor.

“Kami membuka kesempatan penyintas di luar alumni RSLI Surabaya untuk bergabung,” ujar Ketua Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen, Agus Hariyanto, seperti yang dikutip dari Timesindonesia.co.id.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: