Sukses

Sosok Fadly Satrianto, Sarjana Hukum Kopilot Nam Air Korban Jatuhnya Sriwijaya Air

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menyisahkan luka mendalam bagi keluarga korban. Salah satunya adalah Sumarzen Marzuki, ayahanda dari Fadly Satrianto.

Liputan6.com, Surabaya - Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menyisahkan luka mendalam bagi keluarga korban. Salah satunya adalah Sumarzen Marzuki, warga Surabaya yang juga ayahanda dari Fadly Satrianto.

Marzuki mengungkapkan, pihak keluarga shock usai memperoleh informasi pesawat yang ditunggangi putra ketiganya mengalami insiden pada Sabtu (9/1/2021) kemarin. Ia mengaku terus memanjatkan doa untuk Fadly bersama sejumlah rekan dan sanak saudaranya.

Marzuki menerangkan bagaimana awal mula Fadly terjun dalam profesi tersebut. Ia menjelaskan, putranya merupakan lulusan Sarjana Hukum Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Setelah lulus, ia bertemu beberapa rekan di luar perkuliahan dan mengenyam pendidikan sekolah pilot di perusahaan milik Nam Air di Bangka Belitung.

"Dia (Fadly) alumni dari sarjana hukum Unair, setelah tamat ya ingin masuk profesi sambil menunggu dia mencari-cari pekerjaan dan bertemu teman-teman yang lama. Kebetulan, salah satunya temannya namanya Iqbal sudah terlebih dulu menjadi pilot di Lion air. Setelah diskusi kemudian cita-citanya nyambung juga ya meskipun sarjana hukum, tapi connect juga. Makanya dia ikut sekolah pendidikan Nam Air di Bangka Belitung sekitar 1,2 tahun. Setelah itu ikut lagi simulator lalu menjadi kopilot di Nam Air," kata Marzuki, Senin (11/1/2021).

Marzuki menambahkan, pada Sabtu (9/1/2021) malam, pihak keluarganya dihubungi oleh pihak Nam Air. Ia menjelaskan, pihak Nam Air mengimbau agar tak perlu terbang ke Jakarta untuk menindaklanjuti informasi, mengingat kondisi Covid-19 masih merebak. Menurutnya, pihak Nam Air menawarkan fasilitas lain untuk mempermudah pihak keluarga mendapat informasi terupdate.

"Tadi malam, ditawarkan oleh Nam Air tidak perlu ke Jakarta tetapi akan difasilitasi semua. Tapi, dengan kondisi saat ini yang tidak memungkinkan karena COVID-19, jadi harus dipertimbangkan dengan keluarga sebaiknya tidak ke Jakarta. Itu yang sudah kami sampaikan dengan pihak Nam Air," sambung dia lalu tertegun.

Terkait proses identifikasi, Marzuki menuturkan pihak Nam Air juga akan segera melakukan hal tesebut. Namun, pihak keluarga Fadly akan melakukan tes DNA di kota pahlawan.

Selanjutnya, hasil DNA itu akan dikirimkan ke Jakarta untuk ditindaklanjuti. Akan tetapi, Marzuki menyebut tes DNA yang dilakukan keluarganya adalah inisiatif mereka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

62 Korban

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 hilang kontak di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang pada Sabtu (9/1/2021) siang sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Dalam tesawat, terdapat 62 orang yang terdiri dari tujuh anak-anak, tiga bayi, 12 kru, dan 40 penumpang dewasa.

Pesawat SJ 182 sempat keluar jalur, menuju arah barat laut pada pukul 14.40. Lalu, pihak Air Traffic Controller (ATC) kemudian menanyakan pilot terkait arah terbang pesawat. Tapi, dalam hitungan detik, pesawat dilaporkan hilang kontak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.