Sukses

Puting Beliung Bikin Pedagang Pasar Ambulu di Jember Kocar-Kacir

Puting beliung yang menerjang Jember pada Senin (11/1/2021) mengakibatkan kerusakan belasan rumah dan lapak di Pasar Ambulu.

Liputan6.com, Surabaya- Puting beliung yang menerjang Jember pada Senin (11/1/2021) mengakibatkan kerusakan belasan rumah dan lapak di Pasar Ambulu. Ada tiga desa di Jember yang dilanda angin puting beliung, yakni Desa Tegalsari dan Desa Ambulu di Kecamatan Ambulu, serta Desa Tanjungrejo di Kecamatan Wuluhan.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo, hujan deras dan angin kencang di Kecamatan Ambulu membuat puluhan pohon tumbang dan merusak rumah warga serta lapak pasar, serta mengakibatkan akses masuk ke RS Utama Husada tertutup sementara.

Setidaknya tercatat 14 rumah rusak, tiga lapak pasar ambruk, dan 60 pohon tumbang.

Sejumlah pedagang di Pasar Ambulu sempat menyelamatkan diri dan keluar dari lapak saat mendengar suara kayu yang hendak roboh akibat diterjang angin, sehingga tidak tertimpa reruntuhan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini” ujarnya seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (12/1/2021).

Ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras dan angin kencang. Saat berkendara, sebaiknya berhenti dulu dan mencari tempat aman.

Saat ini, petugas dan relawan BPBD Jember melakukan pemotongan pohon tumbang dan mengatur arus lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan di ruas jalan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.