Sukses

VIDEO: Siswi SMA di Gresik Membuat Tempe dari Kacang Merah

Liputan6.com, Jakarta Menyikapi mahalnya harga kedelai sebagai bahan utama pembuatan tempe. Pelajar SMA di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, berinovasi membuat tempe dari kacang merah. Selain memiliki gizi lebih banyak dibanding kedelai biasa, harga kacang merah juga stabil, dan masih mudah didapatkan di pasaran. Selain itu juga, untuk proses pembuatan tempe dari kacang merah tersebut terbilang cukup mudah. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, (11/1/2021).

Siswa SMA Muhammadiyah 1 Gresik berhasil membuat terobosan baru, dengan membuat tempe dari kacang merah. Produksi kacang merah di Indonesia terbilang cukup melimpah, namun kegunaannya masih belum banyak. Kacang merah dinilai bisa menjadi alternatif bahan baku pembuatan tempe, dibanding kedelai yang harganya terus melonjak dan harus mengimpor dari negara lain.

Siti Mariyah, guru pembimbing pelajaran Biologi, SMA Muhammadiyah 1 Gresik, menyatakan kandungan dari biji kacang merah, cukup baik untuk menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh. Dimana kandungan protein lemak serta vitamin c, saat ini banyak dibutuhkan masyarakat untuk tetap bisa menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, rasa tempe dari kacang merah disebut juga lebih enak dan gurih.

“Ini kami memikirkan produk terobosan baru, salah satunya dengan mengganti bahan kedelai tadi dengan kacang merah seperti itu, karena dari beberapa jurnal yang telah kami baca, kacang merah memiliki kandungan yang sedikit lebih baik, bahkan bisa dikatakan sedikit lebih baik dibandingkan kedelai, rasanya unik, butirannya lebih kasar, namun memiliki rasa yang sangit-sangit nikmat,” kata Atiiq Anggraini, Siswi SMAM 1 Gresik.

“Di kacang merah itu ada protein, lemak juga ada vitamin c-nya, juga mengandung antioksidannya lebih tinggi, jadi cocok untuk dikonsumsi di seluruh masyarakat, terutama pada saat kondisi seperti ini, yaitu pada saat pandemi Covid-19, salah satunya, kandungan vitamin c yang tinggi berpengaruh untuk daya tahan imunitas tubuh kita,” jelas Siti Mariyah, Guru SMAM 1 Gresik.

Cara membuat tempe dari kacang merah ini terbilang mudah, sama seperti membuat tempe dari bahan kacang kedelai. Kacang merah yang sudah dibersihkan, direndam dengan air, dan direbus hingga mendidih, setelah mengembang, kacang merah dipisahkan dengan air, kemudian diberikan ragi tempe, dan dibungkus, menunggu 3 sampai 4 hari untuk menjadi tempe yang siap dikonsumsi.