Sukses

8 Makanan Khas Lumajang Unik dan Istimewa, Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Lumajang merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Probolinggo, Jember, dan Malang. Lumajang dikenal sebagai Kota Pisang, karena komoditi pisangnya yang melimpah. Kabupaten ini juga memiliki ragam kuliner yang menarik.

Kuliner khas Lumajang memiliki cita rasa unik yang tak dimiliki kuliner daerah lain. Makanan-makanan khas ini bisa masuk daftar kulineran Jawa Timur yang tak boleh dilewatkan. Kuliner khas Lumajang didominasi oleh makanan tradisional yang sudah populer di lidah masyarakat setempat. 

Kuliner khas Lumajang ini jadi buruan para pencinta kuliner saat singgah di daerah ini. Jika kamu berkunjung ke Lumajang, kuliner khas ini wajib dicicipi. Berikut kuliner khas Lumajang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(13/1/2021).

2 dari 9 halaman

Lontong petis

Lontong petis berisi potongan lontong atau ketupat dengan tahu dan sayuran. Lontong ini kemudian disiram dengan bumbu petis yang nikmat. Sekilas lontong petis mirip dengan tahu tek dari Surabaya. Lontong petis biasanya juga disantap bersama sayur daging ayam, telur, atau lauk lainnya.

Lontong petis merupakan makanan yang paling banyak dicari oleh wisatawan jika berkunjung ke Lumajang. Kuliner satu ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan di Lumajang.

3 dari 9 halaman

Pecel telo

Pecel telo sekilas seperti pecel pada umumnya. Pecel ini berisi sayur-mayur seperti jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang, dan kecambah. Keistimewaan dari pecel ini adalah bumbunya yang terbuat dari ubi jalar atau telo yang telah dihaluskan. Beberapa versi pecel telo juga menambahkan daun ubi jalar di dalamnya.

4 dari 9 halaman

Rujak otek

Rujak otek juga merupakan salah satu kuliner khas Lumajang yang begitu diandalkan. Kuliner ini bahkan dimasukkan sebagai salah satu festival kuliner di Lumajang. Namun rujak khas Lumajang ini memiliki cita rasa yang lezat.

Rujak otek merupakan makanan khas warga Sumberwuluh, Lumajang. Rujak ini berisi rebung bambu nanap yang banyak tumbuh di sekitar gunung Wayang. Rujak otek juga menggunakan bumbu petis sebagai siramannya. Petis yang digunakan adalah petis Madura karena warga Sumberwuluh kebanyakan merupakan pendatang dari Madura.

5 dari 9 halaman

Bledus

Makanan khas Lumajang selanjutnya adalah bledus. Makanan satu ini terbuat dari jagung tua yang dipipil dan direndam semalaman. Jagung kemudian dikukus hingga empuk. Bledus biasanya dinikmati dengan taburan parutan kelapa dan garam. Bledus memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

6 dari 9 halaman

Pisang agung

Lumajang dikenal sebagai Kota Pisang. Pisang yang sangat terkenal di daerah ini adalah Pisang Agung. Pisang agung merupakan salah satu komoditas unggulan di Lumajang. Daerah penghasil terbesar pisang Agung sebenarnya ada di Senduro. Pisang agung sendiri adalah pisang jenis 'Plantain', yakni jenis pisang yang harus diolah sebelum dikonsumsi. Namun, ada juga yang bisa langsung dikonsumsi.

Jenis kulitnya yang relatif tebal dan keras, membuat pisang Agung dapat bertahan lama untuk mencapai fase masak sehingga rasanya semakin manis. Pisang Agung bisa menjadi oleh-oleh khas Lumajang yang sangat mudah ditemukan. Selain dalam bentuk buah segar, aneka olahan pisang ini juga bisa jadi pilihan.

7 dari 9 halaman

Tape pisang

Salah satu olahan pisang yang unik di Lumajang adalah tape pisang. Perpaduan rasa pisang dan hasil fermentasinya membuat kuliner ini sangat unik. Tape pisang memiliki rasa manis alami dengan tekstur lembut. Tape pisang menjadi salah satu oleh-oleh andalan di Lumajang. Kuliner satu ini bisa ditemukan di pasar tradisional atau pusat oleh-oleh di Lumajang.

8 dari 9 halaman

Keripik pisang

Olahan pisang yang tak kalah populer di Lumajang adalah keripik pisang. Keripik pisang Lumajang menggunakan pisang agung sebagai bahan dasarnya. Di Lumajang kamu akan menemukan berbagai varian olahan keripik pisang. Camilan satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

9 dari 9 halaman

Kue latok

Kue latok merupakan jajanan tradisional khas Lumajang. Kue ini terbuat dari tepung tapioka yang kenyal. Kue ini memilik bentuk dan warna-warna yang cantik. Kue latok biasanya disajikan bersama parutan kelapa. Kue latok memiliki tekstur kenyal dan empuk dan cocok menjadi kudapan bersantai bersama keluarga.