VIDEO: 2 Pekerja Dievakuasi Akibat Keracunan Amoniak Sarang Burung Walet

VIDEO: 2 Pekerja Dievakuasi Akibat Keracunan Amoniak Sarang Burung Walet

Terdapat dua orang pekerja mengalami keracunan amoniak, saat membersihkan rumah sarang burung walet di Bojonegoro, Jawa Timur. Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang mendapat laporan, berupaya mengevakuasi korban dari ketinggian 20 meter.

Saat dievakuasi, kondisi kedua korban pingsan, bahkan salah satu korban mulutnya berbusa. Kini kondisi kedua korban stabil setelah diberi bantuan alat pernapasan. Selanjutnya, kedua korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, berupaya mengevakuasi dua orang pekerja sarang burung walet di Desa Kapas, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Kedua korban sebelumnya mencium bau gas amoniak, karena dampak kotoran burung walet dan kelelawar.

Keduanya yakni, Sutikno, warga Gunungsari, Kecamatan Baureno, serta Suyanto warga Ngadiluhur, Kecamatan Balen, Bojonegoro. Untuk menurunkan kedua korban dari ketinggian 20 meter, petugas harus ekstra hati-hati, karena pintu masuk lokasi sarang burung walet yang sempit.

Namun petugas Damkar akhirnya bisa mengevakuasi dan menyelamatkan keduanya. Saat dievakuasi kondisi keduanya, pingsan bahkan salah satu korban kondisi mulutnya sudah berbusa. Berikut ditayangkan pada Liputan6, (13/1/2021).

"Waktu kita evakuasi, sudah dari mulutnya keluar busa salah satu, evakuasi selesai, korban diangkut ke rumah sakit jam 12.20, kalau kendala yang berarti ndak ada, cuma jalan keluar masuknya terlalu kecil, sehingga itu memperlambat jalannya evakuasi," terang Adi Winarto, Kabid Penyelamatan Dinas Damkar Bojonegoro.

Kondisi keduanya stabil, setelah diberi bantuan alat pernapasan, selanjutnya kedua korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 15 January 2021, 09:09 WIB

Video Terkait

Spotlights