Sukses

6 Pedangdut Ini Jadi Bukti Warga Jatim Memang Doyan Joget

Liputan6.com, Jakarta Musik dangdut sudah masuk dalam kehidupan sehar-hari penduduk Indonesia. Sejak eranya Rhoma Irama hingga Inul Daratista, musik yang selalu bikin goyang terus mendapat tempat di hati masyarakat.

Pedangdut asal Jawa Timur belakangan semakin banyak bermunculan mewarnai jagat musik Indonesia. Tak dapat dimungkiri, ada beberapa penyanyi dangdut top asal Jawa Timur yang namanya berkibar di industri musik Tanah Air.

Siapa saja mereka? Beriku daftar pedangdut hits dari Jatim yang sukses di belantika musik Indonesia. Mengawali daftar ini, nama Via Vallen tentu tak asing lagi di telinga kita, melansir dari Solo Pos, Minggu, 17 Januari 2021.

Perempuan dengan nama asli Maullydia Octavia ini mengawali karier bermusiknya sejak usia 15 tahun. Berkat lagunya yang berjudul Sayang melejit, Via semakin dikenal di penjuru Nusantara.

Tak hanya parasnya yang cantik, pedangdut asal Sidoarjo, Jawa Timur ini juga memiliki suara yang khas dan merdu. Tak heran banyak penikmat dangdut Tanah Air yang kesemsem dibuatnya.

Berbagai penghargaan telah diraihnya, salah satunya ia berhasil memenangkan Ambyar Awards (2020) dengan kategori Penyanyi Wanita Favorit Terambyar.

 

2 dari 5 halaman

Nella Kharisma dan Inul Daratista

Sebelum sukses seperti sekarang ini, ternyata Nella Kharisma telah terlebih dahulu berkarier di orkes ternama di Jawa Timur. Panggung demi panggung telah ia lewati hingga akhirnya, lagu Konco Mesra yang rilis pada 2017 mengantarkannya lebih dikenal masyarakat seperti sekarang ini.

Pada akhir 2020 lalu ia sempat membuat geger penggemarnya dengan mengumumkan pernikahannya dengan Dory Harsa, yang merupakan penabuh kendang almarhum Didi Kempot.

Inul Daratista

Berbeda dengan Via Vallen dan Nella Kharisma yang lebih dikenal lewat lagu hits, ternyata Inul Daratista dikenal dengan goyangan saat tampil di panggung. Berkat goyangan itulah Inul mendapat julukan sebagai “Ratu Ngebor” dan mulai mendapat banyak tawaran pentas.

Selain berkarier di dunia tarik suara, pedangdut asal Pasuruan, Jawa Timur, juga mendirikan bisnis karaoke yang bernama Inul Vizta. Bisnis tersebut bahkan telah memiliki banyak cabang di Indonesia.

 

3 dari 5 halaman

Uut Permatasari dan Dewi Perssik

Jika Inul Daratista identik dengan goyang ngebornya, maka Uut Permatasari memiliki Goyang Ngecor sebagai ciri khasnya. Tak hanya sukses di Indonesia, ia juga telah merambah ke negeri Jiran bahkan hingga ke Korea.

Penyanyi berparas cantik ini tak selalu menyita perhatian penonton, khususnya bagi kaum adam. Salah satu lagu hits-nya berjudul Putri Panggung menjadi sound track di salah satu acara televisi swasta Indonesia.

Dewi Perssik

Dewi Persik atau yang biasa dikenal dengan Depe memiliki ciri khas yaitu karakter suaranya yang kuat saat bernyanyi. Tak hanya menyanyi, pedangdut asal Jember, Jawa Timur ini juga melebarkan sayapnya di dunia akting.

Sejumlah film layar lebar sukses dibintanginya. Sederet film ini menjadi bukti kesuksesannya, seperti film Kutunggu Jndamu, Paku Kuntilanak, dan Lihat Boleh, Pegang Jangan.

 

4 dari 5 halaman

Denny Caknan

Penyanyi bergenre dangdut koplo ini lahir di Ngawi, Jawa Timur. Denny mengakui bahwa almarhum Didi Kempot mempengaruhi gaya bermusiknya.

Musik yang ia bawakan biasanya bernuansa pop dengan instrumen yang di dominasi suara kendang. Pedangdut asal Jawa Timur ini mengawali karier sejak 2017 dan dikenal lewat lagu yang berjudul Kartonyono Medhot Janji. Dia akan merilis lagu bersama Happy Asmara pada 17 Januari 2021 dengan judul Satru. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini