VIDEO: Semeru Erupsi, Abu Vulkanik Mengarah ke Utara

VIDEO: Semeru Erupsi, Abu Vulkanik Mengarah ke Utara

Gunung Semeru kembali erupsi pada Sabtu (16/1) sore pukul 17.24 WIB, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas dengan jarak 4,5 km ke arah tenggara. Hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, bagi masyarakat diimbau agar tetap tenang dan waspada dalam kejadian ini. Untuk saat ini Gunung Semeru masih ada pada level waspada.

Inilah video amatir warga yang merekam detik-detik Gunung Semeru kembali erupsi, Sabtu sore. Data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, erupsi terjadi pada 17.24 WIB, selama 11 menit.

Erupsi kali pertama di tahun 2021 ini mengakibatkan luncuran awan panas guguran sejauh 4,5 kilometer ke arah tenggara Besuk Kobokan. Kini Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) setempat tengah menerjunkan dua regunya untuk melakukan asesmen terkait dampak erupsi tersebut.

"Abu, dampak dari guguran itu abu vulkaniknya mengarah ke arah utara, sehingga sampai saat ini di daerah Pasru itu hujan abu, teman-teman sudah bergeser ke sana satu personil untuk pembagian masker ke lokasi terdampak," terang Joko Sambang, Kabid Kedaruratan dan Rehabilitasi BPBD Lumajang.

Kendati belum ada laporan terkait korban jiwa. Petugas BPBD mengimbau warga untuk tetap tenang dan waspada. Sementara status gunung api tertinggi di pulau Jawa tersebut, masih bertahan di waspada level II. Demikian diberitakan pada Fokus, (17/1/2021).

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 January 2021, 07:07 WIB

Video Terkait

Spotlights