Sukses

VIDEO: Satgas COVID-19 Ngawi Bubarkan Kerumunan

Liputan6.com, Jakarta Penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan di Ngawi, Jawa Timur, terus dilakukan. Hingga hari kelima Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Para pelanggar protokol kesehatan ini dihukum dengan menghafal Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Pengendara motor ini dikejar polisi dan dihentikan paksa, karena tidak menggunakan masker. Setelah berhasil diberhentikan, pengendara motor diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, (18/1/2021).

Di lokasi lain, seorang pengendara motor juga ditangkap, karena tidak mengenakan masker. Pelanggar protokol kesehatan ini dihukum menghafal Pancasila, dengan sikap hormat. Dari pantauan di lapangan, penerapan protokol kesehatan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Kabupaten Ngawi banyak diabaikan warga.

Masih banyak warga yang melanggar protokol pencegahan Covid-19. Sehingga anggota Satgas Covid-19 harus membubarkan kerumunan warga. Kabupaten Ngawi sebelumnya masuk zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Timur 2 pekan lalu.

“Terus kita lakukan, meskipun kondisinya kita lihat seperti ini, masyarakatnya yang kesadarannya menurun, tetep kita harus melakukan sosialisasi terus, kita nggak akan kendur, kita nggak akan bosan, kita akan terus melakukan sosialisasi,” terang Agus Sutrisno, Petugas Satgas Covid-19 Ngawi.

Meski sudah diminta bubar dan tidak berkerumun, namun ketika petugas meninggalkan lokasi, warga dan para pedagang pun kembali bergerombol, tanpa memedulikan protokol kesehatan.