VIDEO: Teh Herbal dari Bunga Telang Diminati Saat Pandemi

VIDEO: Teh Herbal dari Bunga Telang Diminati Saat Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 dibutuhkan kreativitas dan inovasi, untuk menjalankan bisnis agar bisa bertahan. Seperti pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Susan Supiah, seorang ibu rumah tangga di Jalan Simorejo 35, Surabaya, yang membuat minuman olahan dari teh bunga telang. Bunga telang sendiri adalah jenis tanaman hias yang merambat sejenis polong. Berikut dilansir pada Liputan6, (19/1/2021).

Teh dari bunga telang diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan imunitas, mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mengobati bronkitis. Proses pembuatan teh bunga telang cukup sederhana.

Bunga telang yang telah mekar dipetik dan dijemur, untuk menghilangkan kadar airnya. Setelah itu bunga telang direbus dalam air mendidih, hingga air rebusan berubah warna keunguan. Untuk menambah aroma sensasi segar, bisa ditambah gula dan jeruk nipis. Ide membuat minuman herbal dirintis Susan Supiah awal tahun 2018, setelah mengikuti pelatihan keterampilan di puskesmas di sekitar tempat tinggalnya.

"Bahan bakunya yaitu bunga telang saya keringkan terlebih dahulu, karena awalnya itu punyanya hanya sedikit, jadi saya kumpulkan, kemudian cukup saya buat produksi, kemudian saya pasarkan kok ya bisa diminati banyak orang sampai sekarang ini, selama pandemi, untuk minuman ini sangat diminati, karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena semuanya berbahan alami," kata Susan Supiah, Pembuat Minuman Teh Bunga Telang.

Setiap hari rata-rata dirinya memproduksi 35 hingga 100 botol minuman yang dipasarkan melalui daring, dengan harga Rp 8.000 per botol. Dalam sebulan, usaha rumahan Susan Supiah ini mampu meraup omzet Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 21 January 2021, 08:30 WIB

Video Terkait

Spotlights