Sukses

10 Aneka Soto Khas Madura, Ada Soto Mata Sapi

Liputan6.com, Jakarta Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang punya banyak variasi. Tiap daerah memiliki soto khasnya sendiri, termasuk Madura. Soto Madura termasuk jenis soto yang dikenal dengan cita rasanya yang unik.

Di sejumlah daerah, bisa ditemukan Soto Madura yang dijual oleh para pendatang asal Madura. Di daerah asalnya, Soto Madura punya beberapa versi. Di kabupaten Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep, Soto Madura punya keunikannya masing-masing.

Soto Madura biasa berisi daging sapi sandung lamur. Beberapa jenis soto juga menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Variasi Soto Madura juga menambahkan bahan khas seperti petis, bumbu kacang, potongan singkong, hingga kentang yang digoreng kering.

Berikut aneka soto yang bisa ditemukan di Madura, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(21/1/2021).

2 dari 6 halaman

Aneka Soto khas Madura

Soto Bangkalan

Soto khas Bangkalan dikenal dengan campuran bumbu kacangnya yang kental. Soto ini juga dicampur dengan petis dan pisang muda yang diulek. Bumbu inilah yang membedakan Soto Bangkalan dengan Soto Pamekasan dan Sumenep. Soto Bangkalan bisa berisi daging sapi ataupun ayam kampung. Soto Bangkalan biasanya disajikan bersama taburan kentang goreng yang gurih.

Soto Sumenep

Soto khas Sumenep terkenal akan campuran potongan singkongnya. Soto khas Sumenep biasanya merupakan soto daging sapi, meski bisa ditemukan juga soto ayam. Variasi dari Soto Sumenep di antaranya seperti Soto Sabreng, Soto Campur, dan Soto Selingkuh. Semuanya berisi potongan singkong di dalamnya.

3 dari 6 halaman

Aneka Soto khas Madura

Soto Pamekasan

Soto Pamekasan dikenal dengan isian kentang rebus dan perkedel kentangnya. Soto ini biasa berisi daging sapi atau daging ayam, soun, dan lontong. Kuah dari soto Pamekasan biasanya bening dengan bumbu merica dan bawang putih. Soto Pamekasan disajikan dengan bawang goreng, daun seledri, rempeyek dan bakwan jagung.

Soto Sabreng

Soto Sabreng adalah soto yang bisa ditemukan di Madura, tepatnya di Sumenep. Soto ini merupakan soto babat yang disajikan bersama lontong dan singkong rebus. Soto Sabreng juga menggunakan bumbu kacang sebagai bagian dari kuahnya.

Bumbu kacang soto Sabreng terbuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan dan dicampur dengan petis ikan dan bumbu lainnya. Bumbu kacang yang kental ini disiram di atas lontong, singkong, dan babat, lalu dilanjutkan dengan siraman kuah soto yang segar.

4 dari 6 halaman

Aneka Soto khas Madura

Soto Selingkuh

Soto selingkuh atau juga dikenal dengan rujak selingkuh merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Sekilas, soto ini mirip dengan rujak soto yang ada di Banyuwangi. Soto ini mulai populer sejak awal 2000-an di jalan Dr Wahidin, Sumenep.

Soto selingkuh merupakan soto babat yang disajikan bersama sayuran ala rujak, lengkap dengan bumbu kacangnya. Penyajian soto selingkuh dimulai dengan lontong, singkong, sayuran, dan lontong, kemudian diberi bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, pisang muda, petis dan gula merah. Soto kemudian disiram dengan kuah soto babat yang panas dan mengepul.

Soto campur

Soto campur juga mirip dengan soto sabreng dan soto selingkuh. Soto campur merupakan perpaduan dari soto dan rujak. Bedanya kuah dari soto campur menggunakan santan dan cabai yang telah dihaluskan. Ini membuat kuah dari soto campur terlihat merah dan kental. Soto campur bisa ditemukan di daerah Kebonagung, Sumenep.

5 dari 6 halaman

Aneka Soto khas Madura

Kalsot

Kaldu soto atau kalsot merupakan salah satu olahan soto yang juga menarik untuk dicicipi saat berada di Madura. Kalsot terbuat dari kaldu sapi yang dimasak bersama bumbu soto yang khas. Kalsot biasanya berisi kikil, daging sapi, tulang sapi dan kacang hijau.

Soto mata sapi

Soto mata sapi termasuk kuliner unik dan ekstrem di Bangkalan, Madura. Soto ini berbahan dasar mata sapi asli utuh yang masih terbalut tulang. Soto mata sapi ini dibuat dengan bumbu rahasia dan disajikan dengan kuah soto yang agak berbeda dengan soto biasanya.

Kuah soto Mata Sapi berwarna merah dan disajikan bersama lontong atau ketupat. Dalam penyajiannya, Soto Mata Sapi ditambahkan irisan babat sapi atau daging sapi yang sudah diiris kecil-kecil. Tempat menikmati Soto Mata Sapi yang populer adalah Soto Mata Sapi Bu Mis di Pancar, Burneh, Bangkalan.

6 dari 6 halaman

Aneka Soto khas Madura

Soto merah

Soto yang tak kalah unik selanjutnya adalah soto merah. Warna merah pada soto berasal dari cabai merah yang dihaluskan bersama bumbu lainnya. Soto ini sangat cocok bagi kamu pencinta makanan pedas.

Soto merah brisi potongan daging sapi rebus yang sudah dibumbui dengan aneka rempah. Soto merah ini biasanya hanya disajikan bersama irisan daging bawang dan jeroan.

Soto ayam Keppo

Soto ayam Keppo merupakan soto ayam yang bisa ditemukan di daerah Kepo, Pamekasan. Soto ayam keppo memiliki kuah yang bening dan rasa yang ringan. Soto ayam Keppo berisi potongan ayam kampung, telur, kentang rebus, remukan peyek, dan taburan bawang goreng. Soto ini biasanya disantap bersama ketupat atau nasi.