Sukses

Duka Unesa, 2 Dosen Meninggal Akibat Covid-19

Seminggu sebelum meninggal, Vinda mendapat informasi kalau kedua akademisi Unesa itu sempat berkomunikasi di WhatsApp Group (WAG) penyintas Covid-19 Unesa.

Liputan6.com, Suranaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berduka. Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) sekaligus Dosen Program Studi Sosiologi Ari Wahyudi dan Dosen Pendidikan Geografi Murtedjo, meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

"Pak Murtedjo wafat pada Rabu (20/1/2021) malam, Pak Ari tadi pagi jam 08.00 WIB. Keduanya positif COVID-19," ujar Kepala Humas Unesa Vinda Maya Setianingrum, dikutip dari Antara, Kamis (21/1/2021).

Seminggu sebelum meninggal, Vinda mendapat informasi kalau kedua akademisi Unesa itu sempat berkomunikasi di WhatsApp Group (WAG) penyintas Covid-19 Unesa.

Dalam obralan tersebut, keduanya mengeluh kalau dadanya sesak dan tidak bisa tidur. Keduanya waktu itu melakukan isolasi mandiri. 

"Akhirnya dibawa ke rumah sakit. Pak Ari di RS Mojokerto dan Pak Murtedjo di RSI Ahmad Yani (Surabaya)," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyakit Penyerta?

Vinda belum bisa memastikan apakah keduanya memiliki penyakit penyerta atau komorbid.  Informasinya, kedua akademisi Unesa itu mengeluh soal saturasi oksigennya yang drop, keluar keringat dingin, dan sulit tidur. Sampai akhirnya ada kabar kalau kedua dosen Unesa itu meninggal dunia. 

"Kami tentu sangat kehilangan. Sedih karena Covid-19 benar-benar nyata di sekitar kita, bahkan teramat dekat," ungkapnya. 

"Makanya kemarin Unesa menggelar doa bersama, dihadiri seluruh pimpinan. Untuk berdoa meminta kesehatan, kesembuhan, dan untuk saling menguatkan," kata Vinda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.