Sukses

2 Fasyankes Tambahan untuk Percepat Vaksinasi Covid-19 di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menambah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) guna mempercepat vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, jumlah fasyankes yang telah terdaftar sebagai pos vaksinasi sebelumnya 109 fasyankes, kemudian ada tambahan dua rumah sakit, sehingga menjadi 111 lokasi untuk pelayanan vaksinasi.

"Dua rumah sakit tambahan itu adalah RS RKZ dan RS Adi Husada Undaan Wetan. Jadi ada 63 puskesmas dan 48 RS," kata Febria.

Febria memastikan penambahan dua lokasi itu tujuannya untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar semakin masif dan cepat diterima nakes. Apalagi, pada Rabu (20/1/2021), pihaknya kembali menerima vaksin Sinovac sebanyak 18.420 vial.

"Sebelumnya kami sudah dikirimi 15 ribu vial, terus kemarin 18.420 vial, jadi total 33.420 vial yang sudah diterima Surabaya. Artinya, untuk pengiriman vaksin tahap pertama, sudah komplet kami terima," katanya.

Feny menyebut berdasarkan data terbaru , jumlah total nakes yang telah divaksin sebanyak 3.327 orang atau 11,89 persen. Sementara itu, untuk jumlah nakes yang belum lolos tahap skrining sekitar 360 orang. Nantinya, mereka akan dijadwalkan kembali untuk disuntik vaksin COVID-19.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjalan Lancar

"Untuk data terbaru, total sasaran tahap pertama ini adalah 31.011 orang. Rinciannya 26.802 nakes telah melakukan verifikasi atau registrasi ulang dan sisanya ada yang belum registrasi, ada pula yang belum menerima SMS blast, ini bertahap ya," katanya.

Feny menambahkan proses vaksinasi untuk nakes di Surabaya dinilai berjalan lancar dan terkendali. Melihat kondisi itu, pelaksanaan vaksin tahap pertama diprediksi akan sesuai target, yakni selama dua minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.